Comeback Ajax dan Barcelona Menginspirasi Kelolosan MU

Manchester United (Reuters/John Sibley)
07 Maret 2019 15:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, PARIS - Manchester United sukses melaju ke babak perempatfinal Liga Champions usai menyingkirkan Paris Saint Germain. Ada peran Barcelona dan Ajax dalam kelolosan MU tersebut.

MU awalnya diragukan bisa melaju ke babak perempatfinal Liga Champions musim ini. Pasalnya, mereka menelan kekalahan 0-2 pada leg pertama di Old Trafford. Selain itu, mereka diganggu cedera jelang bertanding pada leg kedua di markas PSG. Ditambah lagi, Paul Pogba harus absen karena kartu merah.

Namun, MU mampu membalikkan prediksi. Mereka mampu menang dengan skor 1-3 di Parc des Princes, Kamis (/3/2019). Romelu Lukaku mencetak dua gol sementara satu gol lainnya dilesakkan Marcus Rashford. Sementara PSG cuma membalas lewat Juan Bernat. Kemenangan ini membuat MU lolos berkat produktivitas gol tandang dengan agregat 3-3.

"Startnya luar biasa. Kami berencana mencetak gol lebih dulu, tapi tidak menyangka itu bakal tercipta setelah dua menit. Gol itu membuat permaian terbuka, kami ingin banyak gol," ujar pelatih MU Ole Gunna Solskjaer seperti dikutip dari BBC.

"Kami tahu kalau kami harus menderita, bertahan melawan Kylian Mbappe dan Angel Di Maria. Kalau kami meninggalkan ruang, sudah pasti kami habis," imbuhnya.

Solskjaer mengaku terinspirasi dari comeback Ajax dan Barcelona. Sehari sebelumnya, Ajax juga membalikkan keadaan dengan menang 4-1 atas Real Madrid untuk lolos ke perempatfinal. Sementara Barca melakukan comeback pada musim lalu. Sempat kalah 0-4 dari PSG, Barca mampu menang 6-1 di leg kedua.

"Kemarin kami melihat pertandingan antara Real Madrid dan Ajax, Barcelona melawan PSG [pada 2017], itu adalah skenario yang mirip dan menunjukkan bahwa pikiran dalam sepak bola itu penting. Para pemain kami muda dan segar, yang memberi kami energi lebih ketika kami butuh gol itu," pungkas Solskjaer.