Hasil La Liga Spanyol: Bekuk Rayo Valecano, Barcelona Libas 3 Poin

Striker FC Barcelona Luis Suarez. (Reuters - Paul Hanna)
10 Maret 2019 08:45 WIB M. Syahran W. Lubis Dunia Share :

Solopos.com, MADRID - Barcelona dan Atletico Madrid mengukuhkan diri di posisi dua teratas klasemen sementara Divisi Primer La Liga Spanyol setelah mencatat kemenangan atas tamu-tamu mereka dalam pertandingan pekan ke-27.

Bertarung di Stadion Camp Nou di Barcelona tuan rumah yang berstatus sebagai juara bertahan menaklukkan Rayo Vallecano dengan skor 3 - 1 pada Minggu (10/3/2019) dini hari WIB.

Tuan rumah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Raul de Tomas, namun bangkit dan memastikan kemenangan lewat gol-gol Gerard Pique, Lionel Messi, dan Luis Suarez, demikian catatan pertandingan laman resmi La Liga Spanyol.

Hasil itu membawa Barcelona kembali menjauh dari kejaran pesaingnya di puncak klasemen dengan koleksi 63 poin, terpaut tujuh poin dari Atletico Madrid (56) di urutan kedua, sedangkan Vallecano (23) tak beranjak dari posisi kedua terbawah.

Setelah sejumlah peluang Barcelona diselamatkan oleh barisan pertahanan Vallecano dan kiper Stole Dimitrievski, tim tamu justru mencuri keunggulan pada menit ke-24 lewat aksi Raul de Tomas yang berhasil melewati beberapa pemain sebelum melepaskan tendangan melengkung yang melesak ke sudut kanan bawah gawang tak terjangkau kiper Marc-Andre ter Stegen.

Ketertinggalan tak membuat mental Barcelona melemah, mereka kian gencar melancarkan serangan dan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Pique menyambut tendangan bebas Messi pada menit ke-38.

Skor imbang bertahan hingga turun minum, tetapi 4 menit memasuki babak kedua Barcelona mendapatkan hadiah penalti dari wasit Mario Lopez setelah Nelson Semedo dijatuhkan Jordi Amat di dalam area terlarang.

Messi yang menjadi algojo dengan tenang mengecoh Dimitrievski untuk membawa Barcelona berbalik unggul pada menit ke-51.

Pada menit ke-69, Messi melepaskan tendangan bebas yang cantik dan menghujam ke arah gawang, tetapi Alex Moreno berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola menggunakan kepalanya.

Suarez memperbesar keunggulan Barcelona menjadi 3 - 1 lewat penyelesaian kerja sama umpan satu dua sentuhan dengan Ivan Rakitic dan menyarangkan bola ke gawang tak bertuan karena kiper Rayo Dimitrievski telanjur maju.

Gol itu menajamkan catatan pribadi Suarez yang kini telah mencetak enam gol dalam lima pertemuan kontra Vallecano.

Sementara itu, Atletico Madrid berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas tamunya Leganes di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid.

Kendati tampil dominan sejak tendangan mula, Atletico harus turun minum dalam keadaan imbang tanpa gol.

Pada awal babak kedua Simeone memutuskan untuk mengistirahatkan Antonine Griezmann digantikan Thomas Lemar serta Andres Solano digantikan Saul Niguez demi mempersiapkan laga kedua putaran 16 besar Liga Champions melawan Juventus pada tengah pekan nanti.

Keputusan Simeone itu tepat, sebab baru 4 menit babak kedua berjalan Angel Correa dijatuhkan oleh Kenneth Omeruo di dalam area terlarang.

Saul yang menjadi algojo mendapati eksekusi penaltinya digagalkan oleh kiper Andriy Lunin, namun ia sigap menyambar bola liar yang bergulir ke arahnya demi mencetak gol ke gawang Leganes.

Pada menit ke-61, Lemar hampir menggandakan keunggulan Atletico lewat eksekusi tendangan bebasnya yang berhasil melewati pagar hidup dan tak terjangkau Lunin, tapi bola menghantam mistar gawang.

Pada masa injury time pemain Atletico Rodri Hernandez menjatuhkan penuerang Leganes Jose Arnaiz di dalam kotak penalti, namun wasit kali ini mengabaikan permintaan tendangan penalti Leganes dan laga berakhir tetap untuk kemenangan tuan rumah.

Hasil pertandingan pekan ke-27 hingga Minggu dini hari WIB: Athletic Bilbao 1 vs Espanyol 1; Deportivo Alaves 1 vs Eibar 1; Atletico Madrid 1 vs Leganes 0; Barcelona 3 vs Rayo Vallecano 1.

Sumber : Reuters & Antara/LaLiga.es