Real Valladolid Vs Real Madrid: Laga Perpisahan Solari?

Santiago Solari (Reuters/Juan Medina)
11 Maret 2019 00:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, VALLADOLID - Santiago Solari disebut-sebut hanya tinggal menunggu waktu dipecat dari kursi pelatih Real Madrid. Madrid dilaporkan mulai mempersiapkan diri memecat pelatih asal Argentina tersebut setelah kekalahan back-to-back dari Barcelona pada el clasico dan dihabisi Ajax Amsterdam 1-4 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu.

Bisa jadi, Madrid bakal mengucapkan Adios alias selamat tinggal kepada Solari ketika mereka melawat ke markas Real Valladolid, Estadio Municipal Jose Zorrilla, Senin (11/3/2019) pukul 02.45 WIB. Menurut ESPN, pemecatan Solari akan dikonfirmasi setelah tim berjuluk Los Blancos ini menemukan penggantinya.

Sejauh ini, mantan pelatih Madrid, Jose Mourinho, disebut-sebut sebagai kandidat terkuat menggantikan pelatih yang baru menangani Madrid sejak Oktober 2018 lalu tersebut. Bahkan mantan Presiden Madrid, Roman Calderon, yakin Mourinho akan diumumkan sebagai suksesor Solari pada Senin waktu setempat alias sehari setelah laga kontra Valladolid.

"Saya paham Mourinho akan menandatangani kesepakatan untuk menyelesaikan musim ini dan untuk tiga tahun ke depan dengan gaji bersih 17 juta poundsteling (Rp316,6 miliar) per tahun. Bagi presiden [Florentino Perez], Mourinho akan menjadi sempurna melawan ketidakbahagiaan media, fans, dan para pemain. Namun itu tidak mudah, dan saya memprediksi ini akan sangat berat dalam tiga bulan ke depan," tulis Calderon dalam kolumnya di the i newspaper.

Madrid dianggap sudah game over musim ini setelah mereka tersingkir dari Copa del Rey dan Liga Champions, serta tertinggal 12 poin dari Barcelona yang memuncaki klasemen Liga Primera. Namun perjalanan Madrid ke markas Valladolid tetap menyita banyak sorot media, terutama mengenai masa depan Solari dan kehadiran kapten Sergio Ramos.

Ramos tetap ikut rombongan Los Blancos ke Municipal Jose Zorrilla kendati dia tidak bisa bermain karena sanksi. Kapten Madrid ini disebut-sebut tetap berusaha memegang kendali di ruang ganti Madrid yang dihantam krisis. Ramos sendiri dirumorkan berseteru dengan Presiden Madrid, Florentino Perez.

Perez menyalahkan sikap Ramos yang sengaja mendapat kartu kuning sehingga membuatnya dihukum UEFA dan harus absen ketika Madrid disingkirkan Ajax 1-4 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions lalu. Media Spanyol, Marca dan Dario AS, pun kompak melaporkan Ramos meresponnya dengan menyatakan siap meninggalkan Madrid jika mereka setuju menjualnya.

Celakanya, di tengah krisis besar yang mendala Madrid, Los Blancos bakal turun dengan kekuatan pincang di markas Valladolid. Vinicius Junior terancam menepi hingga akhir musim setelah mengalami cedera saat menjamu Ajax. Madrid juga kehilangan bek kanan Dani Carvajal yang mengalami cedera parah. Sebagai gantinya, Marco Asensio kemungkinan menjadi starter di sayap kiri mengisi wilayah yang ditinggalkan Vinicius. Sedangkan Dani Ceballos bakal menggantikan Carvajal di pos bek kanan.