Barca Menang, Dembele Tumbang

Ousmane Dembele (Reuters/Susana Vera)
11 Maret 2019 01:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA — Barcelona boleh saja berlega hati seusai menundukkan Rayo Vallecano dengan skor 3-1 setelah sempat tertinggal 0-1 oleh tim papan bawah tersebut. Namun problem krusial ada di hadapan Barca menyusul Ousmane Dembele diragukan tampil melawan Olympique Lyon dalam leg II babak 16 besar Liga Champions, Kamis (14/3/2019).

Dembele yang baru bermain di babak kedua menggantikan Arthur dikabarkan kembali mengalami cedera hamstring dalam laga di Camp Nou, Minggu (10/3/2019) dini hari WIB. Padahal penampilan winger Timnas Prancis itu amat diharapkan untuk mendobrak pertahanan Lyon yang di leg I mampu mengimbangi Barca 0-0.

Saat menjamu Vallecano, performa Dembele sendiri cukup menggigit meski hanya bermain 45. Kreasi dan kecepatannya dari sektor sayap membuat pertahanan tim tamu yang digalang Jordi Amat keteteran. Dembele ikut membidani gol ketiga Barca yang dicetak Luis Suarez di menit ke-82.   

Adapun saingan Dembele di posisi winger, Philippe Coutinho, justru gagal menunaikan tugas dengan baik meski turun sejak menit pertama. Coutinho hanya mampu melepas dua tembakan dengan satu mengarah ke gawang sebelum diganti Ivan Rakitic di menit ke-80. Sang pemain pun mendapat cibiran suporter tuan rumah atas performanya yang jauh dari harapan.

Media Spanyol, Marca, dalam polling-nya menyebut Coutinho sebagai pemain terburuk Barca di laga tersebut. Eks pemain Liverpool itu dinilai kembali menampilkan performa di bawah standar lantaran gagal mengkreasi peluang yang cukup di lini depan. Kabar cedera Dembele dan tak kunjung membaiknya penampilan Coutinho bisa menjadi sinyal bahaya bagi Barca jelang menjamu Lyon. 

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, membela Coutinho dengan menyebut sang pemain sudah menjalankan tugasnya dalam tim. “Kami selalu memintanya untuk segera mengeluarkan kelinci dari topinya. Sejauh ini dia telah bekerja keras,” ujar Valverde seperti dilansir Marca, Minggu.   

Bek Barcelona, Gerard Pique, menilai ekspektasi pendukung cenderung tinggi pada Coutinho karena sang pemain didatangkan dengan dana tak sedikit, mencapai 160 juta euro (Rp2,5 triliun). “Begitulah, ada ekspektasi lebih terhadap level performanya. Kami harus memberinya dukungan.”