AS Roma Vs Empoli: Ujian Perdana Ranieri

AS Roma (Reuters/Tony Gentile)
11 Maret 2019 08:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, ROMA — Gonjang-ganjing menghantam AS Roma beberapa hari terakhir. Setelah pemecatan Pelatih, Eusebio Di Francescho, giliran Monchi mundur dari jabatan Direktur Olahraga Roma per Jumat (8/3/2019). Padahal kedua sosok ini sangat vital dalam perkembangan Giallorossi dua musim terakhir.

Beban berat pun ada di pundak Claudio Ranieri yang didapuk menggantikan Di Francesco di kursi panas Roma. Keraguan menggelayut di antara pendukung Roma menyusul capaian kurang impresif Ranieri di klub sebelumnya, Fulham. Pelatih berjuluk Tinkerman itu hanya bertahan tiga bulan di Craven Cottage setelah gagal mengangkat Fulham dari zona degradasi. Bersama Ranieri, Fulham menelan 11 kekalahan dari 17 laga di semua kompetisi.

Padahal pelatih 67 tahun ini dibebani target cukup tinggi di Giallorossi yakni membawa tim masuk ke empat besar alias lolos ke Liga Champions. Edin Dzeko dkk. sejauh ini berada di posisi kelima dengan 44 poin dari 26 pertandingan, selisih tiga poin dari Inter Milan di posisi keempat. Beruntung, Ranieri mendapat ujian relatif ringan dalam laga perdananya bersama Roma saat menjamu Empoli di Olimpico, Selasa (12/3/2019) dini hari WIB.

Empoli sendiri adalah klub yang amat inferior terhadap Roma. Mereka tak bisa menang dalam 10 pertemuan terakhir melawan Serigala Ibu Kota di semua ajang, tujuh di antaranya berakhir kekalahan. Tren buruk ini kemungkinan bakal berlanjut jika melihat performa Francesco Caputo dkk. yang hanya mampu memetik satu kemenangan dalam tujuh partai terakhir Seri-A.

Ranieri pun meminta dukungan penuh Romanisti agar tim bisa segera bangkit seusai tersingkir dari Liga Champions. “Ini adalah waktu yang spesial. Dalam 12 pertandingan ke depan, kami mempertaruhkan masa depan kami,” ujar Ranieri seperti dilansir Football Italia, Sabtu (9/3/2019).

Ranieri harus memutar otak menyusul absennya sejumlah pilar seperti Aleksandr Kolarov, Edin Dzeko dan Federico Fazio karena skoring. Cengiz Under, Daniele De Rossi dan Javier Pastore juga diragukan tampil karena cedera. Untungnya Nicolo Zaniolo yang sempat diragukan karena cedera betis dipastikan dapat tampil. Zaniolo digadang-gadang mampu mengkreasi peluang untuk Stephan El Shaarawy yang berpeluang dipercaya sebagai ujung tombak.

Di sisi lain, Empoli diprediksi tak akan mudah memberikan poin pada Roma karena posisi mereka yang belum aman dari zona merah. Klub berjuluk Azzurri itu hanya selisih satu poin dari Bologna di posisi 18 atau zona degradasi.