Bayern Munich Vs Liverpool: Tuntutan Kesempurnaan Die Roten

Robert Lewandowski (Reuters)
13 Maret 2019 10:07 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MUNICH--Gelandang Bayern Munich, James Rodriguez, meminta kepada rekan-rekan setimnya bermain sempurna saat menjamu Liverpool pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Allianz Arena, Munich, Kamis (14/3/2019) dini hari WIB.

Laga leg pertama di markas Liverpool yang berakhir imbang 0-0 memang membuat persaingan ke perempat final masih terbuka lebar bagi kedua tim. Bayern pun harus bermain sempurna, baik di lini depan maupun serangan. Sebab, hanya kemenangan yang bisa mengantar Die Roten, julukan Bayern, lolos ke perempat final. Sebaliknya, Liverpool hanya membutuhkan minimal imbang asalkan mereka bisa mencetak gol, untuk lolos dengan produktivitas gol tandang.

"Kami harus tunjukkan permainan sempurna di kandang. Liverpool punya pemain-pemain yang cepat, mereka merasa bagus ketika mendapat ruang. Itu mengapa kami harus sangat fokus, bermain dengan motivasi tinggi dan permainan bagus," jelas Rodriguez, seperti dilansir fcbayern.com, Selasa (12/3/2019).

Pasukan Niko Kovac perlu menyusun skenario untuk mencetak gol cepat. Bomber Bayern, Robert Lewandowski, yang menjadi top scorer Liga Champions musim ini dengan delapan gol, harus bekerja ekstra keras lagi untuk membongkar pertahanan Liverpool setelah dirinya mandul pada leg pertama lalu.

Tapi Bayern juga tidak boleh lupa dengan lini pertahanan. Jika gawang Manuel Neuer kebobolan gol Liverpool, maka itu bisa berhaya bagi Mats Hummels cs. Celakanya, Bayern kehilangan bek tangguh mereka, Joshua Kimmich, yang terkena sanksi akumulasi kartu kuning. Kimmich mengawal pertahanan Bayern dengan apik saat duel 0-0 di Anfield. Tanpa Kimmich, Kovach bakal terpaksa akan menempatkan Rafinha di pos bek kanan timnya.

Bayern berharap pertandingan berjalan sesuai rencana mereka. Dengan begitu raksasa Bavaria bisa meneruskan tradisi selalu lolos ke babak perempat final di kompetisi paling elite Eropa ini dalam tujuh musim terakhir secara beruntun. Kali terakhir Bayern gagal melangkahkan kaki ke perempat final yakni ketika disingkirkan Inter Milan pada 2010/2011.

"Saya pikir kami harus sangat berhati-hati. Serangan balik Liverpool sangat cepat. Namun saya pikir kami bisa mendapat peluang lolos ke babak selanjutnya. Saya berharap fans akan mendukung kami dan mendorong kami, jadi kami akan merasa bersemangat untuk mencurahkan segalanya," lanjut Rodriguez.

Bayern selalu menang dengan memborong 21 gol dan hanya kemasukan tiga biji gol dalam empat laga kandang terbaru di babak 16 besar Liga Champions. Rekor pertemuan mereka melawan klub-klub Inggris juga patut dibanggakan. Sebelum ditahan imbang 0-0 di Anfield, raksasa Bavaria ini mengoleksi 15 gol dalam dalam tiga laga melawan tim-tim asal Liga Premier. Salah satunya dengan melumat Arsenal 5-1 di Allianz Arena pada fase grup Liga Champions 2015/2016.

Sebaliknya, Liverpool mengantongi catatan kurang menggembirakan di kadang lawan. Tim asal Merseyside ini selalu menelan kekalahan dalam empat laga kandang teranyar mereka di Liga Champions, termasuk di markas tim underdog semacam Red Star Belgrade.

Meski begitu, Mohamed Salah dkk. bisa belajar dari pendahulunya ketika menyingkirkan Bayern dengan agregat 1-1 dengan keunggulan produktivitas gol tandang pada semifinal Piala Champions 1980/1981. Saat itu, kedua tim juga hanya berbagi skor imbang tanpa gol di Anfield pada leg pertama. The Reds akhirnya memastikan lolos ke final dengan gol tembakan Ray Kennedy pada menit ke-83, walau Bayern mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan gol Karl-Heinz Rummenigge, di Allianz Arena.

Pertahanan Liverpool kembali diperkuat bek termahal di dunia, Virgil van Dijk, yang absen pada leg pertama karena sanksi. Persoalan utama Liverpool yakni harus bisa merobek gawang Bayern. Salah sepertinya tetap akan diberi kesempatan untuk memimpin serangan Liverpool bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino, meski winger asal Mesir itu dikritik karena kerap mandul pada big match.

"Selalu ada akan ada waktu yang harus kami lalui dengan sangat berat, kami akan berada dalam tekanan karena mereka [Bayern] punya kualitas besar dan mereka sudah membuktikannya. Namun kami akan benar-benar memanfaatkan momen kami karena kualitas yang kami miliki juga sama bagusnya dengan mereka," ujar Van Dijk, seperti dilansir independent.co.uk.

 

Perkiraan Starting XI

Bayern Munich (4-2-3-1) : Neuer; Rafinha, Sule, Hummels, Alaba; Alcantara, Martinez; Gnabry, Rodriguez, Ribery; Lewandowski

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Salah, Firmino, Mane