Bayern Munchen Vs Liverpool: Pembuktian Jurgen Klopp

Jurgen Klopp (Reuters/Phil Noble)
13 Maret 2019 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MUNICH - Allianz Arena pernah menjadi neraka bagi Jurgen Klopp ketika mengawali karier kepelatihannya. Kloppo, sapaan akrab Klopp, tidak selalu pulang dengan wajah tertunduk dalam empat kunjungan dari markas Bayern Munchen saat masih membesut Mainz pada 2004-2007.

Namun, Klopp membuktikan dirinya tidak selalu menjadi pencundang di kandang raksasa Bavaria sejak lepas dari Mainz. Hal itu ditunjukkannya saat membesut Borussia Dortmund. Klopp memperbaiki rekor kunjungannya ke Allianz Arena dengan meraup empat kemenangan, sekali imbang, dan menelan lima kekalahan dalam 10 kunjungan.

Momen paling gres Klopp saat menginjakkan kaki di rumput Allianz Arena yakni semifinal DFB Pokal antara Dortmund versus Bayern pada 28 April 2015. Saat itu, timnya berpesta kemenangan lewat drama adu penalti. Pelatih kelahiran Stuttgart ini pun telah mengubah atmosfer Allianz Arena yang awalnya seperti neraka menjadi surga bagi dirinya.

Maka Klopp akan sangat percaya diri ketika kembali menginjakkan kaki di kandang Bayern bersama Liverpool pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, di Allianz Arena, Kamis (14/3/2019) pukul 03.00 WIB. Pengalaman Klopp di Allianz Arena itu yang bisa menjadi faktor penting Liverpool untuk lolos ke babak selanjutnya.

Pada leg pertama, Liverpool berbagi skor 0-0 di Anfield. Artinya, Roberto Firmino cs. tetap bisa lolos ke babak selanjutnya seandainya kedua tim berbagi skor imbang dengan mencetak gol, misalnya 1-1, 2-2, 3-3, 4-4, dan seterusnya. Karena Liverpool bakal lolos dengan keunggulan gol tandang.

"Kami cukup kuat untuk menunjukkan permainan yang layak dan ini satu-satunya hal yang kami harapkan dalam situasi seperti ini, situasi yang bagus. Apa yang saya pikirkan yakni, bagaimana kami memberi mereka masalah yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya di musim ini melawan tim lain," ujar Klopp, seperti dilansir uefa.com, Selasa (12/3/2019).

Sadio Mane dkk. telah memanaskan mesin mereka dengan menggebuk Burnley 4-2 pada Liga Premier, akhir pekan lalu. Mane dan Firmino masing-masing mengemas brace dalam pertandingan tersebut. "Apakah itu yang harus kami lakukan di Munich? Tapi tidak mudah mencetak empat gol yang sama baiknya di sana," ulas Klopp enggan jemawa, seperti dikutip sports.yahoo.com.

Bayern juga dalam kondisi on fire sebelum bentrok di Allianz Arena. Tim yang dipoles Niko Kovac ini melumat Wolfsburg setengah lusin gol tanpa balas pada Bundesliga di Allianz Arena, akhir pekan lalu. Hanya, Bayern akan kehilangan dua pentolan mereka, penyerang Thomas Muller dan bek Joshua Kimmich.

"Ini laga yang sangat penting, semuanya fokus untuk ini. Anak-anak sangat percaya diri menghadapi duel ini," ujar Direktur Olahraga Bayern, Hasan Salihamidzic.