Arsenal vs Rennes: The Gunners Punya Rekor Apik di Kandang

Arsenal (Reuters/John Sibley)
14 Maret 2019 09:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Arsenal optimistis mengikuti jejak tim-tim Liga Champions yang sukses melakoni comeback ketika mereka menjamu Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa. The Gunners, julukan Arsenal, keok 1-3 dengan 10 pemain ketika turun di markas Rennes pada leg pertama babak 16 besar lalu.

Tim London Utara ini harus mengejar defisit dua gol ketika gantian menjamu Rennes pada leg kedua di Emirates Stadium, London, Jumat (15/3/2019) pukul 03.00 WIB, jika tidak ingin tersingkir dari turnamen kasta kedua di Eropa ini. Nah, Arsenal bisa mencontoh tim-tim Liga Champions yang mencatat comeback sensasional meski mereka kalah pada leg pertama.

Arsenal memang bisa tenang meski ketinggalan 1-3 pada leg pertama. Sebab, mereka akan melakoni leg kedua di Emirates. The Gunners memiliki rekor apik di kandang, salah satunya dibuktikan dengan menundukkan Manchester United dua gol tanpa balas, akhir pekan lalu.

Dalam catatan UEFA, tim yang juga biasa disebut Meriam London ini lumayan superior ketika menjamu tim-tim Prancis di Emirates, yakni dengan lima kali menang, empat kali imbang, dan hanya menelan tiga kekalahan. Pelatih Arsenal, Unai Emery, berharap dukungan Gooners, sebutan fans Arsenal, bisa kembali memberi suntikan energi besar bagi Mesut Ozil cs.

"Saya ingin berterimakasih kepada suporter kami karena mereka banyak membantu dan kami ingin menciptakan kembali atmosfer besar seperti laga [melawan United] kemarin untuk laga berikutnya melawan Rennes. Ini akan sangat penting bagi tim," ujar Emery, seperti dilansir standard.co.uk, Rabu (13/3/2019).

Kabar baik pun berembus ke tim London Utara. Penyerang Arsenal, Alexander Lacazette, dipastikan bisa bermain ketika menjamu Rennes. Itu karena banding Arsenal untuk mengurangi hukuman Lacazette atas kartu merah yang diperolehnya saat melawan BATE Borisov pada leg pertama babak 32 besar lalu dikabulkan pihak UEFA.

Emery bisa jadi akan memakai strategi yang sama ketika membungkan United saat menjamu Rennes nanti. Pada laga itu, trio Ozil, Aaron Ramsey, dan Pierre-Emerick Aubameyang untuk kali pertama dimainkan bersama sebagai starter sejak 29 September 2018. Duet Aubameyang dan Lacazette dimainkan di depan Ozil. Tapi, formasi dua striker itu bisa berubah menjadi 3-4-2-1 untuk memberi kejutan bagi lawan.

Sementara itu, Rennes menelan kekalahan dalam satu-satunya kunjungan mereka ke Inggris sebelum bertamu ke markas Arsenal. Itu terjadi ketika mereka ditekuk 0-1 oleh Aston Villa pada leg kedua semifinal Piala Intertoto pada 2001.