Libas Lyon, Barcelona Melangkah ke 8 Besar Liga Champions

Pertandingan leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions 2018-2019 antara Barcelona dan Lyon di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Kamis (14/3 - 2019) dini hari WIB. (Reuters/Juan Medina)
14 Maret 2019 12:30 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA — Barcelona menjadi satu-satunya wakil Spanyol yang berhasil melaju ke Babak 8 Besar Liga Champions 2018-2019. Sebelumnya, dua wakil Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid, harus tumbang di Babak 16 Besar Liga Champions.

Keberhasilan Barcelona ke Babak 8 Besar Liga Champions itu diraih setelah melibas wakil Prancis, Lyon, dengan skor 5-1 pada leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Kamis (14/3/2019) dini hari WIB. Pada pertandingan tersebut, Barcelona selaku tuan rumah memang tampil menekan sejak awal pertandingan.

Pertandingan baru berjalan 18 menit, Barcelona mendapatkan hadiah penalti setelah pemain Lyon dianggap melakukan pelanggaran terhadap Luis Suarez di kotak penalti. Lionel Messi yang menjadi eksekutor berhasil membuka keunggulan bagi ruan rumah.

Pada menit ke-31, anak- anak asuh Ernesto Verlverde tersebut menambah keunggulan melalui sepakan Philippe Coutinho. Pemain asal Brasil tersebut berhasil menceploskan bola ke dalam gawang setelah mendapatkan assist dari Luis Suarez.

Setelah turun minum, skema permainan kedua tim masih tampak sama dibandingkan babak pertama. Lyon yang berusaha mencuri gol tandang akhirnya menemui titik terang di menit ke-58. Lucas Tousart berhasil memperkecil ketertinggalan Lyon dari Barcelona menjadi 2-1.

Alih-alih menyamakan kedudukan, salah satu wakil Prancis di Liga Champions itu justru kembali kebobolan di menit ke-78. Lionel Messi lagi-lagi menjadi pencetak skor pada pertandingan tersebut.

Meski sudah unggul 3-1, tim berjuluk Blaugrana itu belum mengendurkan serangan. Hasilnya, Gerard Pique mampu menambah keunggulang Barcelona menjadi 4-1 di menit ke-81. Berselang lima menit, giliran Ousmane Dembele yang mencetak gol dan mengubah skor menjadi 5-1.

Meski mampu menahan imbang Barcelona dengan skor 0-0 pada leg pertama, Lyon ternyata tak mampu berbuat banyak di leg kedua. Mereka tersingkir dari Liga Champions dengan skor agregat 5-1 dari Barcelona.

Di sisi lain, Barcelona menjadi satu-satunya tim yang masih bertahan di Liga Champions. Lionel Messi dkk. meninggalkan duo Madrid yang secara memalukan tersingkir di Babak 16 Besar Liga Champions.