Awas Betis, Pembalasan Barcelona Bisa Lebih Kejam

Barcelona (Reters/Albert Gea)
17 Maret 2019 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, SEVILLA — Mengalahkan tim sekelas Barcelona jelas merupakan pekerjaan rumit bagi tim manapun. Musim ini, Blaugrana baru menelan dua kali kekalahan dari 27 laga yang membuat mereka kukuh berada di singgasana Liga Primera. Namun bagi Real Betis, urusan membungkam Barca tampaknya bukan hal mustahil.

Pada perjumpaan pertama musim ini, November 2018, Joaquin dkk. membuat Barcelona menderita lewat kemenangan dramatis dengan skor 4-3. Lebih istimewa, hal tersebut dilakukan Betis di Camp Nou! Padahal kemenangan terakhir mereka sebelumnya di markas Barca sudah terjadi 14 tahun silam. Junior Firpo, Joaquin, Gonzalo Lo Celso serta Sergio Canales bergiliran membuat Marc Andre ter Stegen memungut bola dari gawangnya.

Namun kemenangan impresif itu agaknya sulit terulang saat Betis kembali bertemu Barca di Benito Villamarin, Senin (18/3/2019) dini hari WIB. Meski bermain di kandang sendiri, Betis tampaknya bakal kepayahan meladeni Lionel Messi dkk. yang tengah on fire seusai menghajar Olympique Lyon dengan skor 5-1 di leg II babak 16 besar Liga Champions beberapa hari lalu. Itu menjadi kemenangan kelima beruntun Barca di semua ajang kompetitif musim ini, dilansir Soccerway, Sabtu (16/3).

Anak asuh Ernesto Valverde tentu ingin melanjutkan performa impresif itu untuk menjaga jarak dengan para pesaing di Liga Primera. Barcelona sementara nyaman di puncak dengan keunggulan tujuh poin dari Atletico Madrid di posisi kedua. Selisih itu belum cukup aman karena kompetisi masih menyisakan sembilan pertandingan.

Jika Betis tak hati-hati, Barca bisa giliran meledak di Benito Villamarin karena mereka punya tradisi mencetak minimal dua gol dalam 12 dari 13 laga tandang terakhir melawan Betis. Musim lalu Barca bahkan menang telak 5-0 lewat gol-gol Ivan Rakitic, Messi (2) dan Luis Suarez (2). Messi sejauh ini sudah mencetak 20 gol dalam 20 laga melawan Betis di semua ajang, sedangkan Suarez telah menjebol sembilan kali gawang Betis dalam enam penampilan.

Dua pemain ini bisa menjadi momok besar bagi tuan rumah yang baru saja bangkit dari hasil buruk. Kemenangan 1-0 Betis di markas Celta Vigo pekan lalu menghentikan dua kekalahan beruntun yang mereka catat di semua ajang. Satu-satunya kabar buruk Barca jelang laga mungkin hanya cedera Ousmane Dembele. Winger Timnas Prancis harus menepi satu bulan karena problem hamstring yang dia alami saat melawan Lyon.