Menanti Duet Odoi-Sancho di Timnas Inggris

Callum Hudson Odoi (Reuters/Carl Recine)
19 Maret 2019 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, membuat keputusan mengejutkan dengan memanggil winger Chelsea, Callum Hudson-Odoi, ke skuat timnya untuk melawan Rep. Ceko dan Montenegro pada Kualifikasi Euro 2020 sepekan ke depan.

Maklum, Odoi jarang mendapatkan tempat di klubnya saat ini. Winger berusia 18 tahun itu paling-paling diberi kesempatan sebagai starter ketika Chelsea turun di Liga Europa. Meski memiliki menit tampil yang terbatas, Odoi menyumbang lima gol untuk Chelsea. Hal itu bisa jadi yang mendasari Southgate memasukkannya di skuat terkini The Three Lions.

Odoi sontak menyambut girang pemanggilan tersebut. Pemain yang menjadi incaran Bayern Munchen tersebut sudah tak sabar melakoni debutnya berkostum The Three Lions. "Ini pengalaman gila, namun saya senang. Saya pikir pelatih [Southgate] hanya bercanda," ungkap Odoi, seperti dilansir bbc.com, Selasa (19/3/2019).

Odoi sepertinya tidak bakal kesulitan beradaptasi dengan skuat The Three Lions. Apalagi dalam skuat itu terdapat Jadon Sancho. Winger muda Borussia Dortmund tersebut merupakan rekan Odoi sejak sama-sama memperkuat Timnas Inggris U-16.

Karier Sancho melesat bak meteor bersama Dortmund musim ini. Pemain berusia 18 tahun tersebut menjadi pencetak assist terbanyak di lima liga top Eropa musim ini sejajar dengan bintang Barcelona, Lionel Messi. Sancho menyokong 12 assist di Bundesliga, sedangkan Messi menyumbang 12 assist di Liga Spanyol.

"Saya dan Callum adalah teman dekat. Kami bermain bersama di Inggris [tim junior]. Dia salah satu talenta masa depan. Dia sangat bagus, sangat berbakat, cepat, dan punya kemampuan dribel yang bagus," jelas Sancho, seperti dilansir dailymail.co.uk.

Ironisnya, para pemain muda Inggris yang bertalenta seperti Odoi kurang mendapat tempat di skuat utama klub-klub Liga Premier Inggris. Itu yang akhirnya membuat Sancho meninggalkan Manchester City untuk bergabung dengan Dortmund. Sancho pun menyarankan Odoi agar mengikuti jejaknya hijrah ke klub Bundesliga Jerman.

"Saya sudah bilang ke dia, Bundesliga adalah liga yang menyenangkan. Saya bilang kepada dirinya, terserah mana yang terbaik menurutnya dan apa yang membuatnya merasa nyaman," ujar Sancho.