Ozil Undang Erdogan ke Pesta Pernikahannya, Kubu Jerman Geram

Mesut Ozil (Reuters/John Sibley)
19 Maret 2019 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, ISTANBUL - Setengah tahun sudah Mesut Ozil menyimpan jersey Timnas Jerman miliknya di lemari. Pemain berjuluk Si Burung Hantu memutuskan pensiun dari sepak bola internasional disertai dengan komentar kontroversial pada Juli 2018 lalu.

Ozil gantung sepatu di level timnas karena merasa menjadi korban rasis sejak berfoto bersama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, di London, Mei 2018. Pemain berdarah Turki itu juga tidak terima dengan orang-orang mempertanyakan jiwa nasionalismenya terhadap Jerman.

Namun meski sudah setengah tahun berlalu, percikan permusuhan Ozil dengan Jerman belum reda. Padahal playmaker Arsenal itu juga sudah tidak tinggal di Jerman lagi. Hal itu bermula setelah Ozil memajang fotonya dan tunangannya, Amine Gulse, yang bertemu dengan Erdogan di bandara Istanbul, pekan lalu.

Sebuah laporan menyebutkan Ozil mengundang Erdogan sebagai tamu kehormatan di pesta pernikahannya yang bakal digelar tahun ini. Koran terlaris Jerman, Bild, bahkan melaporkan sikap Ozil mengirimkan undangan pernikahan untuk Erdogan itu di halaman depan mereka.

Orang-orang Jerman, termasuk kalangan politikus, tidak tinggal diam dengan sikap Ozil. Kekecewaan itu juga muncul dari orang-orang di sekitar Perdana Menteri Jerman, Angela Merkel. "Fakta ini akan mengecewakan banyak fans sepak bola, termasuk saya," ujar Kepala Staf Merkel, Helge Braun, kepada wartawan, seperti dilansir telegraph.co.uk, Selasa (19/3/2019).

Belum lama ini, Ozil juga menjukkan simpatinya atas pencoretan Jerome Boateng, Mats Hummels, dan Thomas Muller dari skuat Jerman. Pelatih Jerman, Joachim Low, memutuskan untuk tidak memberi tempat lagi bagi Boateng, Hummels, dan Muller dari timnya. Padahal bersama Ozil, ketiganya pernah membawa Jerman sukses menjuarai Piala Dunia 2014.

"Semangatlah kawan, sejak awal memulainya di tim nasional junior, kami merayakan banyak momen spesial bersama. Kamu benar-benar sahabat sejati dan sosok hebat di dalam dan luar lapangan. Saya merasa sedikit pemain terbaik Jerman dalam satu dekade harus meninggalkan tim nasional dengan cara seperti ini @jeromeboateng #Danke #M10," tulis Ozil sebagai caption saat mengunggah fotonya dengan Boateng.