12 Tim Lolos Verifikasi Surakarta Super League, Siapa Saja Mereka?

Ronang Adiasta penggagas Surakarta Super League (SSL) (Istimewa/Dukumentasi Ronang)
19 Maret 2019 09:45 WIB Ivan Andimuhtarom Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO—Penyelenggara Surakarta Super League (SSL) telah menetapkan 12 kesebelasan yang lolos verifikasi. Mereka berhak unjuk kekuatan di kompetisi berformat liga yang baru kali pertama diselenggarakan di Kota Solo tersebut.

Tim-tim yang lolos tersebut adalah hasil penyaringan dari 25 tim yang mendaftarkan diri. Penyelenggara memang memberikan beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi seperti manajer, sumber pendanaan yang jelas dan sehat, memiliki ofisial, pengelola media sosial, dan memiliki fotografer.

“Ini melebihi ekspektasi kami [jumlah pendaftar]. Tapi sejak awal kami memang menerapkan sistem verifikasi untuk mengantisipasi membeludaknya peserta,” ujar Founder SSL, Ronang Adiasta, 24, saat dihubungi solopos.com, Senin (18/3/2019) petang.

Ia menjelaskan latar belakang tim-tim yang lolos verifikasi sangat beragam. Mereka berasal dari tim amatir, tim perusahaan, hingga komunitas yang berasal dari Solo dan sekitarnya. Ia mencontohkan, Ksatbo FC berasal dari gabungan beberapa sekolah sepak bola (SSB). Kemudian, ada ISI FC yang berasal dari kalangan perguruan tinggi. “Kalau Hideska FC itu basisnya dari perkumpulan marketing obat,” terang dia.

Selain meloloskan 12 tim untuk SSL perdana, penyelenggara juga menetapkan regulasi tambahan yang juga wajib dipenuhi tim peserta. Pertama, masing-masing tim wajib memasukkan lima pemain berusia 15-23 tahun dalam skuat mereka. Kedua, ada bank pemain untuk tim-tim profesional di Soloraya.

“Regulasi kewajiban memasukkan pemain usia 15-23 tahun kami harapkan bisa membantu pembinaan pemain usia dini di Kota Solo dan sekitarnya,” papar dia.

Lebih lanjut, penyelenggaraan SSL mengacu pada jaringan Indonesia Community League (ICL). kejuaraan itu dijalankan dengan sistem full kompetisi. Saat ini, sudah ada empat kota yang menjalankan kompetisi tersebut, yaitu Bandung, Padang, Jakarta, dan Palembang. Selain di Kota Solo, terdapat 11 kota lain yang merintis liga sejenis di Indonesia. Sehingga, tahun ini totalnya akan ada 15 kota yang menyelenggarakan event tersebut.

Juara masing-masing kota rencananya akan dikirim untuk mengikuti kompetisi level nasional yang mempertemukan seluruh juara. Perhelatan itu kemungkinan digelar di Bandung atau Jakarta akhir 2019 atau awal 2020.

Peserta Surakarta Super League 2019
No Tim
1 Bio 2000 Solo
2 PSB Banyuanyar
3 Lombok Larang FC
4 PS Puma
5 PSMS Sukoharjo
6 Margomulyo FC
7 Akira FC
8 Hideska FC
9 ISI FC
10 Garuda Lumintu
11 Ksatbo FC
12 Joga Bonito
Sumber: panitia SSL 2019