Pesaing Kian Menjanjikan, Bagaimana Persis Solo?

Agus Yuwono (Solopos/Ivan Andimuhtarom)
20 Maret 2019 08:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Persaingan merebut tiket promosi Liga 1 2020 tampaknya bakal tak mudah bagi Persis Solo. Para pesaing seperti Bogor FC, Persiba Balikpapan, Sriwijaya FC hingga Persita Tangerang kian menunjukkan persiapan matang jelang kompetisi Liga 2 2019 bulan Juni mendatang. Selain telah berlatih rutin, mereka juga mulai menggelar uji coba untuk memantapkan skuat.

Terakhir, Bogor FC berhasil menang dengan skor telak 6-0 atas Persikad 1999 Depok dalam uji coba di Stadion Mini Cibinong akhir pekan lalu. Eks striker Persis, Rudiyana, turut mencetak gol bersama dengan Reza Saputra, Rizky Syawaludin, Ade Suhendra, Husnuzhon dan Dwi Rafi Angga. Meski berstatus tim promosi, Bogor FC memang berambisi naik kasta ke Liga 1 dengan memboyong pemain macam Vivi Asrizal (Persiraja Banda Aceh) hingga Tedi Berlian (Borneo FC).

Persiapan tak kalah menjanjikan ditunjukkan Persiba Balikpapan. Klub berjuluk Beruang Madu itu sebentar lagi bakal menggelar training center (TC) di Jawa Timur untuk mengasah kedalaman tim. Dalam TC tersebut, mereka akan menghadapi sejumlah tim Liga 1 dan Liga 2 dalam laga ekshibisi.

Sebelum menggelar TC, Persiba menjadwalkan uji coba melawan Batakan Reborn di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (20/3/2019). Persiba sendiri telah berlatih rutin sejak Februari untuk menghadapi Liga 2.

Sementara itu Sriwijaya FC mulai menggeliat dengan menunjuk Kas Hartadi sebagai pelatih mereka musim ini. Pelatih asal Solo itu ditarget membawa Sriwijaya FC kembali ke level tertinggi sepak bola Indonesia musim depan. Kas Hartadi sendiri pernah membawa Sriwijaya FC menjuarai Indonesia Super League musim 2011/2012.

“Saya terus terang sedih ketika tim ini terdegradasi. Saya sampai bicara sama diri saya sendiri, jika dipercaya lagi, saya siap membawa Sriwijaya FC kembali ke Liga 1,” ujar Kas Hartadi seperti dilansir Antara, Senin (18/3/2019).

Lebih jauh, Persita Tangerang yang baru saja babak belur di Piala Presiden 2019 telah memperpanjang kontrak pemain andalan mereka, Sirvi Arvani. Kehadiran Sirvi tentu melegakan bagi Persita yang kini dibesut eks Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro.

Tetangga Persis, PSIM Jogja, pun tak ingin ketinggalan gerbong. Mereka siap mendatangkan pelatih asing atau pelatih jebolan Liga 1 untuk memoles skuat. PSIM sendiri telah memperpanjang kontrak delapan pemain andalannya musim lalu di antaranya Risman Maidullah dan Ivan Febrianto.

Pelatih Persis, Agus Yuwono, enggan menanggapi persiapan para pesaing dan memilih fokus dengan tim. Meski sudah mengikat 16 pemain, Laskar Sambernyawa baru akan menggelar latihan perdana 1 April. “Masih ada waktu untuk membentuk tim yang solid,” ujarnya singkat.