Belgia Vs Rusia: Fokus Timnas, Hazard!

Eden Hazard saat berduel melawan pemain Jepang Gaku Shibasaki dalam pertandingan di Rostov Arena, Rusia, 2 Juli 2018. (Reuters - Jorge Silva)
21 Maret 2019 09:11 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BRUSEL--Rumor ketertarikan Real Madrid kepada Eden Hazard tak pernah reda. Bahkan, spekulasi tersebut semakin berembus kencang sejak Madrid kembali ditangani Zinedine Zidane.

Kontrak Hazard bersama Chelsea bakal habis musim depan. Segala rayuan pun sepertinya dilayangkan Madrid agar winger berjuluk Snake tersebut bisa bersedia merapat ke Santiago Berbeu. Pekan ini, Chelsea dilaporkan menolak tawaran dari Madrid untuk memboyong Hazard dari Stamford Bridge. Tapi tak menutup kemungkinan Madrid akan kembali menaikkan tawaran demi mendapat tanda tangan Hazard.

Hazard menjadi "buruan" media karena spekulasi kepindahannya ke tim Ibu Kota Spanyol tersebut di bursa transfer musim panas nanti. Bahkan, Hazard juga ditanya mengenai rumor tersebut ketika dirinya sedang bertugas dengan Timnas Belgia.

"Saya sedang tidak bekerja mengenai itu sekarang. Saya ingin bersinar bersama Chelsea beberapa bulan ini dan berusaha menjuarai Liga Europa. Pekan ini saya hanya memikirkan Setan Merah [julukan Timnas Belgia] dan kemudian kembali ke Chelsea. Kemudian lihat saja nanti," ujar Hazard di kamp latihan Timnas Belgia, seperti dilansir skysports.com, Rabu (20/3/2019).

Hazard harus meninggalkan hiruk-pikuk mengenai rumornya ke Madrid. Sang kapten perlu membawa Belgia menghadapi duel tricky melawan Rusia pada laga pembuka Grup I Kualifikasi Euro 2020 di King Baudouin Stadium, Brusel, Jumat (22/3/2019) pukul 02.45 WIB.

Setan Merah sepertinya masih terlena setelah finis ketiga di Piala Duna 2018 di Rusia. Pasukan Roberto Martinez hanya finis runner-up di bawah Swiss pada fase grup Liga Nations akhir tahun lalu. Bahkan, Belgia dibantai 3-5 oleh Swiss pada partai penutup Grup 2, Liga A, Liga Nations.

Hazard bakal menjadi salah satu tumpuan serangan Belgia menyusul cedera kaki yang dialami Romelu Lukaku. Bomber Manchester United tersebut menjalani pemeriksaan MRI scan dan harus absen dalam sesi latihan Belgia, Senin (18/3/2019).

Sebagai gantinya, Martinez harus memilih antara Christian Benteke atau Michy Batshuayi atau Divock Origi sebagai ujung tombak timnya. Alternatif lainnya, eks pelatih Everton itu bisa memainkan Dries Mertens sebagai false nine dengan diapit Hazard bersaudara, Eden di sayap kiri dan Thorgan di sayap kanan.

Rusia tampil melebihi ekspektasi saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Denis Cheryshev dkk. menembus babak perempat final sebelum akhirnya disingkirkan Kroasia yang finis sebagai runner-up pada turnamen sepak bola terakbar di dunia itu. Cuma, Rusia belum tampil seapik saat Piala Dunia. Mereka hanya finis kedua Grup 2 Liga B Liga Nations. Tim yang dinakhodai Stanislav Cherchesov menelan kekalahan dalam dua laga terbaru, masing-masing 0-3 dari Jerman pada laga persahabatan dan ditekuk 0-2 oleh Swedia di partai penutup fase grup Liga Nations. "Kami akan mempersiapkannya [laga melawn Belgia]," ujar Cherchesov, seperti dikutip 24-my.info.

 

Perkiraan Starting XI

Belgia (3-4-3)     : Courtois; Alderweireld, Boyata, Vertonghen; Chadli, Dendoncker, Tielemans, Carrasco; Thorgan Hazard, Mertens, Eden Hazard. Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol)

Rusia (4-2-3-1)   : Lunev; Fernandes, Semenov, Dzhikiya, Kudryashov; Ozdoev, Gazinskiy; Ionov, Golovin, Cheryshev. Dzyuba. Pelatih: Stanislav Cherchesov (Rusia)