Timnas U-23 Tak Boleh Terlena di Laga Perdana

Timnas Indonesia U/23 (Antara Foto/Nyoman Budhiana)
21 Maret 2019 09:45 WIB detik Dunia Share :

Solopos.com, HANOI—Timnas Indonesia U-23 tak perlu terlalu khawatir dengan Thailand di kualifikasi Piala Asia U-23 2020, sebab pesaing utama mereka adalah Vietnam.

Laga Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 akan berlangsung pada 22-26 Maret 2019 di Hanoi, Vietnam. Indonesia berada di grup ini bersama Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Skuat asuhan Indra Sjafri lebih dulu menantang Thailand sebelum bertemu Vietnam dan Brunei. Hasil di kualifikasi ini sebetulnya tak berpengaruh apa-apa untuk Thailand. Mereka akan tetap tampil di Piala Asia U-23 2020 meski menjadi juru kunci, sebab mereka bertindak sebagai tuan rumah untuk putaran final.

Meski demikian, Indonesia tak boleh terlena di laga perdana melawan Thailand tersebut. Seperti biasa Thailand tak akan mau mengalah begitu saja dari Indonesia. Kemenangan atas Indonesia adalah gengsi tersendiri bagi Thailand.

Sementara itu, Indonesia juga harus kerja keras saat bertemu Vietnam. Tim tuan rumah di ajang kualifikasi ini memanggil pemain di skuat finalis Piala Asia U-23 pada 2018 dan Piala Dunia U-20 pada 2017. Cuma ada enam pemain dari Piala AFF U-22 pada Februari lalu yang masuk tim ini. Di laga terakhir Indonesia akan bertemu Brunei. Di atas kertas Indonesia bakal dengan mudah mencuri poin penuh, mengingat lawannya itu kerap menjadi lumbung gol dalam turnamen. Bukan tak mungkin juga Brunei akan menjadi juru kunci.

Jika Indonesia setidaknya dapat satu poin dari Thailand dan menang atas Vietnam, maka sudah punya empat poin. Hasil itu akan aman dengan catatan Brunei ada di posisi buncit.

Seluruh grup tidak diisi dengan jumlah tim yang sama, hasil melawan tim juru kunci dihapus dalam penghitungan untuk mencari runner-up terbaik. Dengan skema di atas, maka tim yang kalah di laga Indonesia vs Vietnam kemungkinan besar nantinya bisa saja terdepak.

Sayap Timnas U-23, Saddil Ramdani, menegaskan siap menghadapi Thailand. "Kami sangat enjoy dan menikmati latihan perdana di Hanoi. Tim pelatih juga memberikan berbagai menu latihan,” ucap Saddil dalam rilis kepada detik.com, Rabu (20/3/2019).