Portugal Vs Ukraina: Comeback Ronaldo!

Cristiano Ronaldo (Reuters/Jorge Silva)
22 Maret 2019 09:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LISBON — Enam bulan jelas bukan waktu yang singkat bagi pemain saat meninggalkan tim. Butuh fokus dan adaptasi untuk kembali nyetel. Namun rumus tersebut agaknya tak berlaku bagi Cristiano Ronaldo dan Timnas Portugal.

Setengah tahun absen dari panggilan timnas, Ronaldo bakal kembali membela Portugal dalam laga perdana Kualifikasi Euro 2020 melawan Ukraina di Estadio Sport Lisbon, Sabtu (23/3/2019) dini hari WIB. Striker 34 tahun itu memang sempat meminta istirahat sejenak karena ingin fokus bersama klub barunya, Juventus, serta membereskan masalah tuduhan pemerkosaan. Kali terakhir Ronaldo membela Portugal saat disingkirkan Uruguay di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Tanpa kehadiran Ronaldo, juara Euro 2016 itu sejatinya masih tampil oke. Portugal bahkan tampil moncer di Liga Nations dan lolos ke semifinal turnamen pertengahan tahun ini. Namun Portugal dan Ronaldo tampaknya tak mau lama-lama berpisah. Pelatih Fernando Santos memutuskan membawa kembali pemain andalannya itu untuk melawan Ukraina dan Serbia.

“Cristiano adalah pemain terbaik dunia ketika dia kembali ke tim ini. Dia membuat tim mana pun lebih baik,” ujar Santos seperti dilansir Sportskeeda, Rabu (20/3/2019).

Dengan predikat top scorer sepanjang masa Portugal (85 gol dari 143 laga), mudah saja bagi Ronaldo untuk kembali masuk starter. Torehan 24 gol dan 12 assist bersama Juve juga semakin memantapkan Santos untuk menjadikannya juru gedor utama saat melawan Ukraina. CR7 bisa langsung tampil menggila di laga comeback-nya jika melihat performa sang pemain di klub sejauh ini.

Bek Portugal, Joao Cancelo, antusias dengan kembalinya rekan setimnya di Juve itu ke timnas. “Dia telah membuat sejarah. Cristiano tak harus membuktikan apa pun,” ujar Cancelo.

Ukraina sendiri tengah rapuh setelah dibekap Slovakia 1-4 di Liga Nations serta diimbangi Turki 0-0 di ajang persahabatan. Pelatih Andriy Shevchenko juga tidak bisa menurunkan striker andalannya, Andriy Yarmolenko, karena cedera.

Sebaliknya, Portugal bisa leluasa memilih pemain di lini depan dengan bergabungnya striker Wolverhampton Wanderers yang tengah on fire, Diogo Jota. Ada pula Bernardo Silva (Manchester City) dan Andre Silva (Sevilla) yang sedang bersinar bersama timnya.