Seri Lawan Serbia, Kekuatan Jerman Sudah Habis?

Timnas Jerman (Reuters/Christian Hartmann)
22 Maret 2019 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, WOLFSBURG - Apakah kekuatan Timnas Jerman telah hilang? Pertanyaan itu dilontarkan ESPN menyikapi hasil imbang 1-1 yang diraih Jerman saat melawan Serbia dalam laga persahabatan di Volkswagen Arena, Kamis (21/3/2019) dini hari WIB. Itu adalah kegagalan keempat Tim Panser merebut kemenangan dalam lima partai terakhir yang mereka jalani di semua ajang.

Jelang pertandingan, ide peremajaan skuat digaungkan Joachim Low dengan mendepak pemain senior macam Mats Hummels, Jerome Boateng dan Thomas Muller. Sang pelatih memilih pemain macam Lukas Klostermann, Marcel Halstenberg, hingga Kai Havertz untuk menjadi starter. Perombakan itu memang membuat Jerman masih tampil dominan dengan 61% penguasaan bola dan melepas 19 tembakan, 10 di antaranya tepat sasaran. Namun efisiensi serangan mereka masih jauh dari harapan.

Tim tamu bahkan sempat unggul lebih dulu di menit ke1-2 lewat sundulan Luka Jovic memanfaatkan situasi sepak pojok. Beruntung pemain pengganti, Leon Goretzka, mampu menyamakan kedudukan lewat tembakan keras di menit ke-69. Joachim Low mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan timnya.

“Sangat disayangkan kami harus kebobolan lewat skema set piece. Kalian bisa mengatakan kami belum bisa bertahan dengan bagus karena pemain memang belum punya chemistry yang kuat,” ujar Low seperti dilansir dfb.de, Kamis.

Sang pelatih tak punya banyak waktu untuk mengurai problem tersebut. Pada Senin (25/3/2019) dini hari WIB, Tim Panser harus bertandang ke markas Belanda untuk laga Kualifikasi Euro 2020. Itu bakal menjadi pertemuan ketiga kedua tim dalam kurun lima bulan terakhir. Di dua laga sebelumnya melawan Tim Oranye di UEFA Nations League, Jerman dipecundangi 0-3 saat bermain di Amsterdam serta imbang 2-2 saat duel di Gelsenkirchen.

Laga melawan Belanda tersebut bisa menjadi penderitaan baru apabila Low tak kunjung mendapat formula yang tepat bagi timnya. Apalagi Jerman terancam tak bisa menurunkan Leroy Sane yang mendapat tekel brutal Milan Pavkov di laga melawan Serbia. Beruntung winger Manchester City itu tak mengalami patah tulang.

Sementara itu, winger Jerman, Marco Reus, tak bisa menutupi kekecewaannya terhadap hasil uji coba melawan Serbia. Dia menilai tim mestinya bisa menang jika melihat jalannya pertandingan. Namun pemain Borussia Dortmund ini yakin tim masih bisa berkembang. “Kami masih merupakan Jerman dan kami harus bermain seperti biasanya, meraih kemenangan.”