Bekuk Norwegia, Spanyol Belum Cukup Efisien di Lini Depan

Timnas Spanyol (Reuters/Heino Kalis)
24 Maret 2019 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, VALENCIA — Timnas Spanyol memiliki catatan penting untuk lini depan saat menang tipis 2-1 atas Norwegia di laga Kualifikasi Euro 2020 Grup F di Stadion Mestalla, Minggu (24/3/2019) dini hari WIB. Pasukan Luis Enrique masih terlalu banyak membuang peluang sehingga gagal menang dengan selisih lebih besar.

Di laga tersebut, La Furia Roja sebenarnya sangat dominan dengan menguasai 75% ball possession. Marco Asensio dkk. juga menciptakan 26 peluang dengan 11 di antaranya tepat sasaran. Namun hanya satu gol yang dapat dihasilkan Spanyol dari situasi open play. Itu saat Rodrigo menyelesaikan umpan silang Jordi Alba dengan sontekan di menit ke-16.

“Saya pikir kami pantas menang 5-1 atau 6-1. Di sepak bola hanya gol-gol yang penting,” ujar Enrique seperti dilansir Marca, Minggu.

Duet Rodrigo dan Alvaro Morata di lini depan memang cukup manjur untuk membongkar pertahanan lawan. Namun keduanya seketika kesulitan ketika berhadapan dengan kiper Rune Jarstein. Upaya Morata untuk menggandakan kedudukan di menit ke-33 sukses dimentahkan sang kiper. Saat itu Morata melepaskan sundulan keras hasil umpan set piece Dani Parejo.

Tim Matador bahkan hampir saja kehilangan tiga poin saat Joshua King menyamakan skor pada menit ke-65 lewat titik putih. Beruntung Sergio Ramos berhasil membalasnya enam menit berselang lewat sepakan penalti ala Antonin Panenka. Spanyol mendapat hadiah penalti setelah Morata dijatuhkan Jarstein di kotak terlarang.

“Saya senang dengan segalanya, dengan sikap, cara kami bermain dan untuk menciptakan banyak peluang melawan sebuah tim yang bertahan di daerah sendiri,” sambung Enrique.

Pelatih Norwegia, Lars Lagerback, mengakui kualitas lebih Spanyol saat mengalahkan timnya di Mestalla. Dia menilai hasil laga tersebut cukup adil untuk kedua tim. “Performa yang bagus dari Spanyol, kami berekspektasi mereka bakal dominan dan itulah yang terjadi,” ujarnya.