Dijungkalkan Vietnam, Timnas U-23 Tak Lolos ke Piala Asia

Timnas Indonesia U/23 (Antara Foto)
24 Maret 2019 21:56 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, HANOI - Timnas Indonesia U-23 dipastikan gagal melangkah ke putaran final Piala Asia U-23 2020 mendatang. Hal itu setelah mereka tumbang di tangan Vietnam pada laga kedua fase penyisihan grup Kualifikasi Piala Asia U-23.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion My Dinh, Minggu (24/3/2019) malam WIB, kedua tim tampil agresif di awal. Gawang Satria Tama langsung terancam lewat tendangan keras pemain Vietnam, namun masih bisa ditepis. Indonesia kemudian membalas melalui tendangan bebas Luthfi Kamal yang masih melambung.

Setelah itu, Vietnam terus gencar melancarkan serangan. Menit ke-14, mereka mengancam lewat tendangan keras yang masih melambung. Tak lama berselang, sundulan pemain Vietnam di kotak penalti masih bisa diamankan Satria Tama.

Pada menit ke-20, Indonesia memberi ancaman. Tendangan bebas Luthfi Kamal mengarah ke gawang namun masih diblok kiper. Sementara pada menit ke-36, tendangan keras Luthfi masih melambung tinggi.

Di sisa menit babak pertama, kedua tim terus berusaha mencetak gol. Terutama Vietnam yang mampu mengurung pertahanan Indonesia. Namun, sejumlah peluang gagal dimanfaatkan mereka untuk menjadi gol. Skor imbang 0-0 pun bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Indonesia coba menekan. Mereka mendapatkan peluang melalui Egy Maulana Vikri dan Marinus Wanewar. Sayang dua peluang matang itu gagal dikonversi Egy dan Marinus menjadi gol karena bisa digagalkan kiper Vietnam.

Vietnam bukannya tanpa peluang. Mereka justru lebih banyak menekan dan melancarkan serangan. Namun sejumlah peluang berbahaya yang didapat belum bisa membuahkan hasil. Tembakan-tembakan mereka lebih banyak melambung tipis di atas gawang.

Vietnam akhirnya bisa memecah kebuntuan di masa injury time babak kedua. Trieu Viet Hung berhasil memanfaatkan umpan dari tendangan pojok untuk membuat gol. Keunggulan 1-0 untuk Vietnam ini bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain Timnas Indonesia

Satria Tama, Firza Andhika, Bagas Adi, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam, Luthfi Kamal, Sani Rizki, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar