Kualifikasi Piala Eropa: Prediksi Montenegro Vs Inggris

Timnas Inggris (Reuters/Carl Recine)
25 Maret 2019 13:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, PODGORICA - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, semakin tak main-main memperlakukan pemain remaja. Di mata Southgate, usia muda bukan berarti tidak bisa mendapatkan kesempatan besar ke lapangan.

Ucapan Southgate kembali dibuktikan ketika dirinya menurunkan dua pemain berusia 18 tahun, Jadon Sancho dan Callum Hudgson-Odoi, saat Inggris melumat Rep. Cheska 5-0 pada laga pembuka Grup A Kualifikasi Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Sabtu (23/3/2019) dini hari WIB.

Itu adalah kali keempat Sancho memperkuat tim senior The Three Lions, julukakan Inggris. Sedangkan bagi Odoi, pertandingan melawan Cheska menjadi debutnya bersama tim senior The Three Lions setelah diturunkan dari bangku cadangan pada menit ke-70.

Tak menutup kemungkinan dua pemain yang menjadi pilar Inggris menjuarai Piala Dunia U-17 2017 lalu sama-sama menjadi starter ketika pasukan Southgate melawat ke kandang Montenegro pada laga lanjutan Grup A Kualiifkasi Euro 2020, di Stadion Pod Goricom, Podgorica, Selasa (26/3) pukul 02.45 WIB.

Selain Sancho dan Odoi, masih ada beberapa pemain belia Inggris yang berpotensi menjadi tumpuan tim senior, seperti Phil Fodden. Southgate terang-terangan bisa "mengorbankan" pemain yang lebih senior jika para pemain juniornya semakin menunjukkan performa gemilang.

"Ya, tentu saja. Kami sangat kompetitif, dan saya pikir para pemain di lini serang, dewasa di usia yang sangat muda, dan mereka bisa bersama para pemain yang sangat muda. Jadi itu bukan isu memainkan mereka [pemain muda], dan benar-benar kami menemukan pemain lain seperti itu, seperti Hudson-Odoi," jelas Souhtgate, seperti dikutip dailymail.co.uk, Minggu (24/3/2019).

Beberapa pemain senior Inggris memang pantas waswas kehilangan tempatnya. Winger Manchester United, Jesse Lingard, bahkan sudah tak dipanggil skuat Inggris meski dirinya bermain melawan Wolves di Piala FA, sepekan lalu. Namun, absennya pemain berusia 26 tahun di skuat The Three Lions sepertinya lebih karena faktor kebugaran.

Southgate juga tak bisa memainkan Marcus Rashford, Luke Shaw, Trent Alexander-Arnold, Ruben Loftus-Cheek, John Stones, dan Fabian Delph karena cedera. Absennya beberapa pilar Inggris itu menjadi berkah bagi pemain semacam Sancho dan Odoi untuk mencuri perhatian di tim senior.

Meski bermain tandang, The Three Lions sepertinya bakal meneruskan tren impresif mereka di Kualifikasi Euro. Inggris tak terkalahkan dalam 19 laga di Kualifikasi Euro sejak 2007. Jika dipersingkat, The Three Lions selalu menang dalam 11 laga terbaru.