Kualifikasi Piala Eropa: Prediksi Portugal Vs Serbia

Timnas Portugal (Reuters/Rafael Marchante)
25 Maret 2019 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LISBON - Portugal boleh saja bangga memiliki Cristiano Ronaldo. Namun, Serbia juga tak kalah bangga memiliki sederet bomber berbahaya.

Serbia mempunyai Luka Jovic. Striker Eintracht Frankfurt tersebut sedang naik daun dengan melesakkan 22 gol di semua kompetisi musim ini bersama klubnya. Tim asal Balkan ini juga memiliki Dusan Tadic. Meski sudah berusia kepala tiga, bomber Ajax tersebut tak tanggung-tanggung mencetak 29 gol dalam 24 laga di level klub musim ini.

Penampilan Tadic menyita perhatian khalayak ketika dia dimainkan sebagai false nine saat Ajax mempermalukan Real Madrid 4-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu. Selain itu, jangan lupakan Aleksandar Mitrovic dan Sergej Milinko-Savic.

Oleh karena itu, Portugal harus mengawal pertahanan mereka dengan sempurna ketika menjamu Serbia pada laga Grup B Kualifikasi Euro 2020 di Estadio da Luz, Lisbon, Selasa (26/3/2019) pukul 02.45 WIB. Juara bertahan Euro tersebut dituntut menang setelah pada pertandingan perdana mereka di Grup B hanya berbagi skor kacamata melawan Ukraina polesan Andriy Shevchenko di Estadio da Luz.

Ronaldo gagal mencatatkan namanya di papan skor saat menjamu Ukraina. Padahal, Selecao das Quinas, julukan Portugal, sangat berharap megabintang mereka langsung moncer saat melakoni comeback sejak Piala Dunia 2018.

CR7 masih berambisi membawa timnya tampil di Euro 2020, meski usianya bakal menginjak 35 tahun pada putaran final Juni tahun depan. Sebenarnya, Portugal bukan tanpa penerus di lini depan. Ada beberapa bomber muda potensial di skuat Selecao das Quinas, salah satunya Joao Felix dari Benfica.

"Ada satu hal yang pasti. Felix salah satu telanta terhebat yang terlahir di sepak bola Portugal setelah Ronaldo. Dia punya teknik luar biasa, dia cepat dan sangat cerdas," ujar Presiden Benfica, Luis Felipe Viera, seperti dilansir sports.yahoo.com, Minggu (24/3/2019).

Namun, Felix sepertinya hanya akan menjadi penghangat bangku cadangan seperti saat timnya ditahan Ukraina tanpa gol. Ronaldo masih menjadi juru gedor utama Selecao das Quinas meski dirinya sempat absen selama kurang lebih setengah tahun sejak Piala Dunia 2018. Bomber Juventus itu menggila dengan 24 gol di semua kompetisi musim ini. Ronaldo bakal menyempurnakan trisula serangan Portugal bersama Andre Silva dan Bernardo Silva.

Sementara Pelatih Serbia, Mladen Krstajic, kemungkinan akan menempatkan Jovic sebagai starter ketimbang Mitrovic atau Tadic sebagai ujung tombak timnya. Jovic sudah memanaskan mesin dengan melesakkan gol ketika Serbia menahan imbang Jerman 1-1 pada laga persahabatan, Kamis (21/3/2019) dini hari WIB.

Pada pertandingan itu, Tadic absen. Namun bomber Ajax itu kembali bergabung dengan skuat Serbia dalam bentrok di Estadio Da Luz. Sementara Milinko-Savic bisa membantu serangan tim Balkan ini dari second-line.

"Dia [Jovic] adalah goal getter klasik dengan kontrol bola dan memahami permainan dengan bagus. Saya mungkin membandingkannya dengan Luis Suarez,” ujar Krstajic, seperti dilansir bundesliga.com.