Greg Nwokolo Kritik Suporter Indonesia: Beda Sama Thailand!

Greg Nwokolo. (Instagram/greg11n)
25 Maret 2019 17:55 WIB Ginanjar Saputra Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 dipastikan tak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020 setelah dijungkalkan Thailand dan Vietnam pada babak kualifikasi di Stadion My Dinh, Vietnam. Kegagalan Timnas U-23 menembus putaran final Piala Asia U-23 2020 itu memicu beragam kritik.

Di media sosial, warganet yang mengaku sebagai suporter Timnas Indonesia ramai melontarkan kritik pedas dengan penampilan tim asuhan Indra Sjafri. Bahkan, tak sedikit yang mengejek Egy Maulana Vikri dkk.

Kritik pedas itu membuat salah satu pemain senior di tubuh Timnas Indonesia, Greg Nwokolo, angkat bicara. Pemain naturalisasi dari Nigeria tersebut mengkritik balik suporter Indonesia.

Menurutnya, sikap suporter di Indonesia yang melontarkan cibiran atas kegagalan tim yang didukung justru akan menjatuhkan mental para pemain. "Ketika kamu menang, mereka memujimu sedangkan ketika kamu kalah seakan memberikan kekuatan pada pembenci untuk berbicara & menjatuhkan mentalmu," tulis Greg dengan mengunggah foto beberapa pemain asuhan Indra Sjafri di akun Instagramnya, @greg11n, Minggu (24/3/2019).

Menurut greg, sikap suporter Indonesia sangat berbeda dengan suporter di Thailand yang menurutnya lebih total dalam memberikan dukungan. "Perbedaan antara supporter Indonesia dan Thailand adalah, Thailand selalu berdiri di belakang tim dan seluruh pemain mereka baik atau buruk. Sementara kita Indonesia hanya mendukung ketika kita menang, itu sebabnya pemain Thailand tidak pernah takut untuk mencoba sesuatu di lapangan," lanjutnya.

Greg yang pernah merumput di Thailand selama dua tahun juga mengaku tak pernah ada media lokal atau suporter yang merendahkan pemain. "Mereka selalu kasi energy yang positive buat mereka kalau kalah dan puji kalo menang," tandas pria 33 tahun itu.

Pernyataan Greg itu lantas mendapatkan beragam respons dari beberapa pemain Timnas Indonesia. Andik Vermansyah menilai kritik Greg Nwokolo terhadap suporter Timnas Indonesia memang berdasarkan kebenaran.

"Ini benar dan nyata papa. Pengalaman berbicara dan patut dicontoh. Respect," tulis Andik melalui akun Instagramnya, @andikvermansah.

Terlepas dari kritik terhadap suporter itu, Greg Nwokolo menegaskan dirinya sangat bangga dengan anak-anak asuh Indra Sjafri meski gagal melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2020. "Saya bangga dengan kalian, kalian telah memberikan segalanya, tetap angkat kepala kalian dan terus bergerak maju, langit adalah batasmu," tegasnya.