Porto Bukan Lawan Mudah untuk Liverpool

Virgil van Dijk (Reuters/Carl Recine)
26 Maret 2019 18:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Liverpool akan menghadapi FC Porto pada babak perempatfinal Liga Champions musim ini. Bek The Reds, Virgil van Dijk, menepis anggapan bahwa Porto adalah lawan yang enteng untuk timnya.

Porto dianggap menjadi satu tim yang paling tidak kuat di antara tim-tim lain di perempatfinal. Selain Liverpool dan Porto, perempatfinal Liga Champions musim ini juga diikuti oleh Barcelona, Ajax Amsterdam, Juventus, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Manchester City.

Padahal, Porto tampil apik di Liga Champions musim ini. Mereka memetik enam kemenangan dan cuma kalah sekali di fase grup. Pada babak 16 Besar, tim berjuluk The Dragons itu menyingkirkan AS Roma lewat perpanjangan waktu.

Namun, Liverpool memilik bekal apik. Keduanya berjumpa pada babak 16 Besar Liga Champions musim lalu. Saat itu, Liverpool mampu menang dengan agregat 5-0 berkat kemenangan lima gol tanpa balas pada leg pertama di kandang lawan.

"[Mentalitas] memang akan membantu tapi tidak menjamin kami akan memenangi banyak pertandingan," kata Van Dijk seperti dikutip dari Dailymail.co.uk, Selasa (26/3/2019).

"Semua orang akan bilang "Porto akan menjadi undian termudah" tapi Porto adalah tim yang sulit dihadapi. Mereka menembus perempatfinal bukan tanpa alasan. Kami harus siap untuk pertandingan itu."

"Tapi semuanya positif kok. Kami dalam persaingan untuk Premier League dan Liga Champions. Memang sangat sulit, tapi kami akan bersaing sampai akhir," tandas Van Dijk.

Di babak perempatfinal, Liverpool akan lebih dulu menjamu Porto di Stadion Anfield, 9 April 2019 mendatang. Pada leg kedua gantian Porto yang menjadi tuan rumah, sepekan berikutnya.