Dipermanenkan MU, Mimpi Solskjaer Jadi Nyata

Ole Gunnar Solskjaer (Reuters/Jon Super)
29 Maret 2019 13:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER - Manchester United (MU) memastikan Ole Gunnar Solskjaer akan memimpin proyek jangka panjang tim setelah meresmikannya sebagai pelatih tetap per Kamis (28/3/2019). Pelatih asal Norwegia itu bakal berada di Old Trafford hingga tiga tahun ke depan.

Kepastian tersebut memupus rumor MU bakal menunjuk figur lain sebagai pelatih permanen musim depan. Nama-nama seperti Massimiliano Allegri, Mauricio Pochettino hingga Laurent Blanc memang sempat dirumorkan bakal melatih Setan Merah musim depan.

Namun performa gemilang yang ditorehkan Solskjaer sejak menggantikan Jose Mourinho pada Desember 2018 agaknya membuat petinggi MU berpikir ulang. Di bawah Solskjaer, Anthony Martial dkk. hanya kalah tiga kali dari 19 pertandingan di semua ajang. Sisanya adalah 14 kemenangan dan dua hasil imbang.

MU yang sempat tercecer jauh dari empat besar kini masuk persaingan dengan ada di posisi kelima klasemen Liga Inggris, selisih dua poin dari Arsenal di urutan keempat. Bahkan United bisa saja memimpin klasemen andai Solskjaer masuk lebih awal di Old Trafford. Sementara di Liga Champions, MU melaju ke perempatfinal setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain dengan dramatis di babak 16 besar. Solskjaer pun membeberkan rahasia di balik performa apiknya bersama United.

“Dari hari pertama saya datang, klub spesial ini membuat saya merasa seperti di rumah. Pengalaman dalam beberapa bulan terakhir begitu fantastis dan saya ingin berterima kasih kepada seluruh pelatih, pemain, dan fans atas kerja keras kami sejauh ini,” ujar Solskjaer dilansir manutd.com, Kamis.

Sebelumnya, MU “meminjam” Solskjaer dari klub Norwegia, Molde, saat menunjuk mantan pemainnya itu sebagai caretaker pada Desember 2018. Kedua klub sepakat Solskjaer akan bekerja di Old Trafford sampai akhir musim, dengan opsi permanen. MU pun harus membayar kompensasi tambahan pada Molde sebesar 7,2 juta poundsterling (Rp134,8 miliar) setelah mempermanenkan sang pelatih. MU sudah membayar 1,8 juta poundsterling (Rp33,7 miliar) untuk meminjam Solskjaer sampai akhir musim.

“Saya selalu mengimpikan pekerjaan ini dan saya sangat antusias memimpin klub dalam jangka panjang,” sambung Solskjaer.

Melihat hasil kerjanya selama ini, MU tentu tak merasa rugi merogoh kocek hingga 9 juta (Rp168,5 miliar) poundsterling untuk mendatangkan Solskjaer. Hal tersebut diakui Executive Vice Chairman MU, Ed Woodward. Dia menilai sang pelatih mampu membawa tim bangkit dari keterpurukan.

“Tak cuma performa dan hasil, Ole membawa banyak pengalaman sebagai pemain dan pelatih. Ini semua membuktikan bahwa dia orang yang tepat untuk membawa Manchester United melaju.”