Liga Inggris: Rebut Kembali Pole, City!

Sergio Aguero (Reutres - John Sibley)
30 Maret 2019 09:47 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON--Manchester City meraih 19 kemenangan dalam 20 laga terbaru mereka di semua kompetisi. Tren positif itu membuka peluang Raheem Sterling dkk. meraih quadruple di musim ini.

Tapi City masih dilanda waswas dalam pecuan gelar juara Liga Premier musim ini. Tim yang diarsiteki Josep "Pep" Guardiola ini kehilangan pole position dari Liverpool yang unggul satu laga. City meraup 74 poin dalam 30 laga. Sedangkan Liverpool mengoleksi 76 poin dalam 31 pertandingan.

City pun bisa merebut kembali puncak klasemen sementara, meski dalam kurun waktu sehari, apabila menaklukkan Fulham di Craven Cottage, London, Sabtu (29/3/2019) pukul 19.30 WIB. Sebab, Liverpool baru memainkan laga akhir pekan ini dengan menantang Tottenham Hotspur, Minggu (31/3/2019) malam WIB.

Jeda internasional dalam kurun waktu dua pekan terakhir ini dijadikan sebagian besar pilar City untuk "mengisi baterai" mereka yang nyaris habis. Tiga pemain gaek City, Sergio Aguero, David Silva, dan Fernandinho absen membela negara mereka masing-masing. Bek Aymeric Laporte kembali diacuhkan Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps. Adapun Kevin de Bruyne, Vincent Kompany, Nicolas Otamendi, John Stones, Fabian Delph, dan Benjamin Mendy mendapat waktu lebih panjang untuk memulihkan cedera.

Hanya sebagian kecil pemain City yang tak bisa mengelak dari tugas negara pada jeda internasional kali ini, salah satunya Raheem Sterling. Winger Timnas Inggris ini memperkuat negaranya pada dua laga Kualifiksi Euro 202 melawan Rep. Cheska dan Montenegro. Sterling tampil cemerlang dalam dua tersebut dengan total melesakkan empat gol.

"Dia dalam momen percaya diri, tidak hanya di lapangan, namun di luar lapangan dia sangat matang dan nyaman dengan dirinya," ujar Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, seperti dilansir worldsoccertalk.com, Jumat (29/3/2019).

Sterling bisa menjadi alternatif pendulang gol di markas Fulham seandainya bomber utama City, Aguero, mengalami kebuntuan. Aguero mempunyai track record buruk di laga tandang pada Liga Premier musim ini. Dia hanya mencetak tiga gol laga away dari total 18 gol yang dilesakkanya.

Fulham sendiri menelan tujuh kekalahan beruntun di Liga Premier sebelum menjamu City. Meski begitu tim berjuluk The Cottagers ini bukan mustahil bisa menyulitkan City. Tim yang sedang berjuang keluar dari zona degradasi ini nyaris memaksa Liverpool pulang dari Craven Cottage tanpa kemenangan sebelum jeda internasional.

Pemain The Cottagers, Ryan Babel, sempat mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1-1 saat melawan Liverpool. Itu merupakan gol keempat Babel sejak diboyong Fulham dari Besiktas, Januari lalu. Tapi Liverpool akhirnya bangkit memastikan kemenangan 2-1 dengan gol penalti James Milner pada menit ke-81.

"Kami sadar tantangan di depan, merela [Manchester City] punya para pemain fantastis dan sebuah tim fantastis, didampingi seorang manajer yang bakal menjadi salah satu terhebat[di dunia],"jelas pelatih interim Fulham, Scott Parker.

 

Perkiraaan Starter XI

Fulham (4-2-3-1)

Rico; Fosu-Mensah, Chambers, Ream, Bryan; Anguissa, Seri; Babel, Cairney, Sessegnon; Mitrovic. Pelatih: Scott Parker (Inggris)

Manchester City (4-3-3)

Ederson; Walker, Stones, Laporte, Zinchenko; Bernardo Silva, Gundogan, David Silva; Sterling, Aguero, Sane. Pelatih: Josep "Pep" Guardiola (Spanyol)