Liverpool Vs Tottenham Hotspur: Duel Van Dijk Vs Kane!

Virgil van Dijk (Reuters/Carl Recine)
31 Maret 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Liverpool menjelma sebagai tim dengan pertahanan terbaik di Liga Premier Inggris musim ini. Hal itu tidak lain karena kontribusi bek termahal di dunia, Virgil van Dijk.

Gawang Liverpool hanya kemasukan 18 gol dalam 31 laga di Liga Premier Inggris 2018/2019. Jika dikerucutkan untuk laga kandang saja, tim asal Merseyside itu bahkan hanya kebobolan sembilan gol dan mengemas sembilan clean sheet dalam 17 pertandingan di Anfield.

Tidak ada tim yang mampu menandingi rekor pertahanan fantastis Liverpool tersebut. Maka tak heran jika Liverpool merasa uang sebanyak 70 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) yang mereka keluarkan untuk membela Van Dijk pada bursa transfer Januari 2018 lalu tidak sia-sia.

"Saya tidak terkejut ketika membuat keputusan itu [mendatangkan Van Dijk], namun saya tidak yakin sebelumnya karena saya tahu siapa tim lain yang juga memburunya. Sebuah momen besar saat kami mendatangkannya dan itu sangat bagus buat kami. Pembeliannya sebuah pernyataan masif, itu fakta," jelas Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, seperti dilansir mirror.co.uk, Sabtu (30/3/2019).

Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino,ikut mengakui Van Dijk sebagai pemain paling krusial yang membawa Liverpool bersaing di jalur perebutan gelar Liga Inggris musim ini. "Orang-orang mengatakan gila membayar 70 juta poundsterling untuk seorang bek sentral namun mereka memilih Van Dijk karena mereka yakin dia salah satu defender terbaik di Inggris dan bisa membuat mereka lebih baik dan mereka benar," ujar Pochettino, seperti dilansir dailymail.co.uk.

Ketangguhan Van Dijk mengawal benteng pertahanan Liverpool kembali diharapkan ketika tim polesan Klopp berjumpa Spurs di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (31/3/2019) pukul 22.30 WIB. Duel ini sama-sama krusial bagi kedua tim. Liverpool harus memenangi bentrok pada matchweek ke-32 ini untuk mengamankan posisi mereka bersaing dengan Manchester City di jalur juara. Sedangkan Spurs harus memetik poin agar tidak terlempar dari empat besar.

Bomber Spurs, Harry Kane, pun harus "melangkahi" Van Dijk terlebih dahulu jika ingin merobek gawang Liverpool yang dikawal Alisson Becker. Kane tidak hanya moncer dengan 17 gol di musim ini. Dia juga mempertontonkan keahliannya mengkreasi peluang dari lini kedua.

Legenda Liverpool, Phil Tompson, memeringatkan Van Dijk untuk menyetop pergerakan Kane jika tidak ingin tim Merseyside ini menderita di Anfield. "Kunci duel akan menjadi milik Harry Kane melawan Virgil van Dijk. Kane striker top, dia penyerang tengah yang murni namun bisa menjadi bek tengah dan berperan sebagai pemain No. 10 [playmaker] yang sama baiknya."

"Van Dijk harus bisa membaca permainan dan berkomunikasi dengan baik dengan para gelandang di depannya. Ini duel yang seru, yang memperlihatan skill kedua pemain dengan sama baiknya," imbuh Thompson, seperti dikutip liverpoolecho.co.uk.