Ronaldo Absen, Juventuas Masih Punya Kean

Moise Kean (Reuters/Massimo Pinca)
31 Maret 2019 21:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, TURIN - Pendukung Juventus sedikit waswas sebelum timnya menjamu Empoli di Allianz Stadium, Turin, Minggu (31/3/2019) dini hari WIB, tanpa Cristiano Ronaldo yang cedera. Maklum, Juve dipermak 0-2 di markas Genoa dalam pertandingan sebelumnya tanpa Ronaldo.

Bianconeri, julukan Juve, sempat mengalami kebuntuan saat memulai pertandingan melawan Empoli. Pelatih Juve, Massimiliano Allegri, menduetkan Mario Mandzukic dan Federico Bernardeschi, sebagai starter di lini depan. Dia enggan memainkan strategi tiga striker karena juga kehilangan Paulo Dybala yang cedera saat pemanasan.

Namun, Juve belum juga mencetak gol selama lebih dari satu jam. Allegri memutuskan menurunkan Moise Kean ketimbang Rodrigo Bentancur untuk mendongkrak serangan timnya pada menit ke-69. Remaja berusia 19 tahun yang semakin melejit setelah melakoni debut dengan tim senior Italia pada jeda internasional lalu tersebut meneruskan sensasinya di sepak bola Negeri Piza.

Baru sekitar tiga menit setelah turun dari bangku cadangan, Kean merobek gawang Empoli. Padahal, dia baru melakukan dua kali sentuhan bola! Winger keturunan Pantai Gading ini menahbiskan diri sebagai pemain termuda kedua yang mengemas delapan gol pertamanya di Seri-A dalam usia 19 tahun 31 hari.

Dia berada di belakang Mario Balotelli yang mengoleksi delapan gol pertamanya di Seri-A dalam usia 18 tahun 242 hari pada 2009 silam. "Saya sangat senang meraih rekor lainnya. Seperti yang pernah saya bilang, saya selalu siap untuk memecahkan banyak rekor," ujar Kean, seperti dilansir football-italia.net.

Kean pun mencoba meyakinkan Allegri yang semula tidak ingin dirinya mendapat atensi besar di media. Beberapa waktu lalu, Allegri meminta media menjauh dari Kean karena dirinya "bukan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi".

"Jika pelatih mengatakan demikian, itu benar. Tentu saja saya bukan Cristiano atau Messi. Saya harap suatu hari nanti bisa mencapai level mereka, jika saya bekerja keras," jelas Kean.

Yang pasti, Kean mampu memberi ketenangan bagi pendukung Juve selama Ronaldo absen karena cedera hamstring yang dideritanya saat membela Portugal pada jeda internasional pekan lalu. Cedera itu membuat Ronaldo diperkirakan absen hingga dua pekan dan masih diragukan bisa comeback saat Juve bertamu ke markas Ajax pada leg pertama babak perempat final Liga Champions, 11 April mendatang.

"Dia punya karakteristik dan kualitas sebagai pemain hebat, namun tidak banyak pemain muda yang kehilangan treknya," ujar Allegri meminta Kean tetap membumi, seperti dilansir Sky Sport Italia.