Lupakan Hasil Imbang, Bayern Fokus Lawan Dortmund

Bayern Munchen (Reuters/Kai Pfaffenbach)
01 April 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, FREIBURG IM BREISGAU - Bayern Munchen dijadwalkan menghadapi Borussia Dortmund pada der klassiker episode kedua di Bundesliga Jerman musim ini. Namun, mereka sudah kehilangan dua poin sebelum menjamu musuh abadi mereka. 

Tim asal Bavaria ini ditahan imbang 1-1 di markas Freiburg, di Schwarzwald-Stadion, Sabtu (30/3/2019) malam WIB. Celakanya, pada waktu hampir bersamaan, Dortmund menang 2-0 saat menjamu Wolfsburg di Signal Iduna Park.

Kehilangan dua poin melawan Freiburg harus dibayar mahal oleh Bayern. Tim yang diarsiteki Niko Kovac tersebut kehilangan takhta sementara Bundesliga Jerman sebelum bentrok der klasiker. Pahitnya, singgasana itu dikuasai Dortmund.

Bayern harus bergantian posisi dengan Dortmund ke peringkat kedua dengan terpaut dua poin dari rival abadi mereka itu. Oleh karena itu, kemenangan pada der klasiker menjadi harga mati jika Bayern ingin kembali ke singgasana sementara Bundesliga.

"Saya pikir kami mungkin hanya sekali membiarkan kami terselip dan itu tidak boleh terjadi saat melawan Dortmund. Dua tim punya kualitas yang luarbiasa. Seluruh dunia akan menontonya. Semuanya bersemangat," jelas bek Bayern, Mats Hummels, seperti dilansir bundesliga.com.

Gol ke-199 dalam karier Robert Lewandowski di Bundesliga ternyata tidak cukup membawa Bayern menang. Itu hanya menjadi gol penyama kedudukan Bayern setelah mereka dikejutkan gol pemain Freiburg, Lucas Holer, pada menit ketiga. Kovac meneruskan kutukan tak pernah menang melawan Freiburg dalam enam laga beruntun dalam kariernya sebagai pelatih. 

Sementara di Signal Iduna Park, Paco Alcacer menjadi pahlawan kemenangan Dortmund melawan Wolfsburg. Secara heroik, Alcacer mengemas brace di detik-detik pertandingan untuk membawa timnya kembali ke puncak klasemen sementara Bundesliga. Gol kedua Alcacer dilesakkan setelah mendapat assist Jadon Sancho. 

Itu assist ke-13 Sancho di Bundesliga musim ini. Pemain Timnas Inggris ini menjadi pengoleksi assist terbanyak di lima liga top Eropa sejauh ini, mengungguli Lionel Messi yang "hanya" meraup 12 assist untuk Barcelona di Liga Spanyol.