Valencia Vs Real Madrid: Ujian Sesungguhnya Zidane!

Zinedine Zidane (Reuter/Sergio Perez)
02 April 2019 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, VALENCIA - Dua laga perdana Real Madrid dalam periode kedua bersama pelatih Zinedine Zidane berlangsung cukup mulus. Setelah menundukkan Celta Vigo 2-0, Madrid menaklukkan Huesca 3-2 di Santiago Bernabeu, Senin (1/4/2019) dini hari WIB.

Banyak yang menganggap kemenangan Karim Benzema dkk. tersebut sebagai hasil wajar karena Celta dan Huesca merupkan tim penghuni zona degradasi. Apalagi, dua pertandingan Madrid digelar di kandang.

Nah, ujian sesungguhnya Zidane pada periode keduanya melatih Madrid yakni ketika timnya melawat ke markas Valencia, Stadion Mestalla, Kamis (4/4/2019) pukul 02.30 WIB. Dibandingkan Celta dan Huesca, Valencia jelas lawan yang lebih berat.

Kelelawar Mestalla, julukan Valencia, memang tidak cukup konsisten di Liga Spanyol musim ini. Mereka hanya menempati peringkat keenam klasemen sementara. Hanya, Valencia mendapat motivasi ekstra setiap menjamu tim besar di Mestalla. Buktinya, musim ini Kelelawar Mestalla mampu menahan imbang dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Atletico Madrid, masin-masing dengan skor 1-1 di Mestalla.

Zidane sendiri sepertinya belum menemukan formula terbaik sejak kembali ke singgasana pelatih Los Blancos. Terbukti, dia menurunkan 19 pemain berbeda hanya dalam dua laga pertamanya. Menariknya, pelatih yang akrab disapa Zizou itu memainkan putra kandungnya, Luca Zidane, sebagai starter di bawah mistar Madrid saat melawan Huesca.

Luca sejatinya kiper ketiga di skuat Los Blancos. Namun Zidane memberinya kesempatan sejak menit awal dengan alasan salah satu kiper Madrid, Keylor Navas, perlu istirahat. Sedangkan kiper Madrid lainnya, Thibaut Courtois, dalam kondisi tidak bugar setelah memperkuat Belgia pada jeda internasional.

"Saya memberinya kesempatan hari ini dan itu berjalan baik. Ketika saya memainkannya, itu bukan karena dia anakku, tapi karena dia pemain Real Madrid. Dia punya karakter, kualitas, dan kepribadian. Dia sangat matang. Secara teknik, dia pemain yang tak takut. Dia sudah berada di akademi klub ini selama 16 tahun dan itu sangat berarti," ujar Zidane, seperti dilansir realmadrid.com, Senin.

Seperti dilansir marca.com, Courtois belum kembali ke latihan klubnya setelah cedera dengan Timnas Belgia. Praktis Zidane hanya memiliki dua pilihan, mengembalikan Navas ke starting XI atau kembali menurunkan putra keduanya, Luca Zidane.

Zidane sepertinya bakal memilih Navas alih-alih memainkan kembali Luca. Apalagi, debut Luca sebenarnya juga tidak terlalu fantastis mengingat gawangnya kebobolan dua gol melawan Huesca, tim juru kunci di klasemen sementara Liga Primera musim ini.