Dramatis! PSM Makassar Diimbangi Klub Filipina

PSM Makassar Vs Kaya FC (Antara Foto/Yulius Satria Wijaya)
02 April 2019 18:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, BOGOR - PSM Makassar memetik hasil imbang dalam lanjutan fase penyisihan Grup H Piala AFC 2019 melawan klub Filipina Kaya FC Iloilo. Hasil imbang ini terbilang dramatis lantaran PSM kebobolan di menit-menit akhir.

Dikutip dari detik.com, PSM bermain di bawah tekanan pada menit-menit awal dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Pakansari, Selasa (2/4/2019). Di menit ke-11, gawang Rivki Mokodompit bahkan nyaris bobol.

Jordan Mintah memanfaatkan kesalahan pemain belakang PSM dan bisa mencuri bola. Ia menggiring ke kotak penalti, dan melepaskan sepakan yang tinggal berhadapan dengan Rivki, namun ia gagal menaklukkan sang kiper. Arah sepakan bolanya masih bisa terbaca.

Di menit ke-34, Wiljan Pluim melepaskan tendangan voli ke gawang Kaya FC, namun upayanya masih terlalu lemah. Di menit ke-40, gantian Jovin Bedic yang melepaskan sepakan ke gawang PSM, tapi bolanya masih bisa diamankan Rivki. Hingga jeda turun minum, skor 0-0 masih bertahan.

Di babak kedua, PSM meningkatkan intensitas serangannya. Mereka mampu unggul setelah mendapat hadiah penalti pada menit ke-50. Camelo Tacusalme menjatuhkan Erro Markkanen tepat di kotak terlarang, sehingga wasit menunjuk titik putih. Markkanen sendiri yang menjadi eksekutor, bisa menceploskan bolanya ke gawang.

Pada menit ke-69, Kaya FC sempat mencetak gol lewat Connor Tacagni, memanfaatkan skema tendangan bebas. Gol itu dianulir wasit karena Tacagni sudah dalam posisi offside. Semenit berselang, Kaya FC juga nyaris membobol gawang PSM. Dari situasi kemelut hasi tendangan sudut, sepakan dilepaskan ke arah gawang Rivki, namun bolanya bisa disapu tepat di garis gawang oleh Beni Wahyudi.

Serangan bertubi-tubi Kaya FC akhirnya membuahkan hasil pada di masa injuty time. Pada menit ke-90+3, Marwin Angeles merobek gawang Rivki usai memanfaatkan umpan tendangan bebas Bedic. Menerimanya di kotak penalti, dan tanpa pengawalan berarti dari pemain PSM, Angeles tanpa kesulitan menceploskannya ke gawang PSM. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivki Mokodompit, Beny Wahyudi, Taufik Hidayat, Aaron Evans, Abdul Rahman, Zulham Zamrun, Muhammad Rachmat, Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Marc Klock, Eero Markkanen

Kaya FC: Louie Casas, Camelo Tacusalme, Masanari Omura, Shirmar Felongco, Jalsor Soriano, Marwin Angeles, Alfred Osei, Connor Tacagni, Jovin Bedic, Darryl Roberts, Jordan Mintah