Barcelona Mulai Ketergantungan Pique?

Gerard Pique (Reuters/Juan Medina)
04 April 2019 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, VILLARREAL - Barcelona selalu dikaitkan dengan Messidepedencia alias terlalu bergantung kepada Lionel Messi. Tapi rupanya, tim raksasa Catalan juga mengalami ketergantungan kepada bek sentral mereka, Gerard Pique, alias Piquedependencia.

Piquedependencia terlihat ketika Barca ditahan tim papan bawah, Villarreal, dengan skor 4-4 di Estadio de la Ceramica, Villarreal, Rabu (3/4/2019) dini hari WIB. Tanpa suami penyanyi top Shikira tersebut, lini pertahanan Barca porak-poranda dan gawang mereka kebobolan empat kali.

Bahkan Barca sempat ketinggalan 2-4. Blaugrana, julukan Barca, sebenarnya sempat unggul 2-0 melalui gol Philippe Coutinho pada menit ke-12 dan gol Malcom empat menit kemudian. Tapi Villarreal bangkit dengan empat gol beruntun, masing-masing dari Samuel Chukwueze (23'), Karl Toko Ekambi (50'), Vincente Iborra (62'), dan Carlo Bacca (80').

Untungnya, Barca memiliki duo penyelamat, Messi dan Luis Suarez, di menit-menit terakhir laga. Messi yang memulai laga dari bangku cadangan mencetak gol dari tendangan bebas langsung pada menit ke-90. Suarez akhirnya memastikan menyamakan kedudukan timnya dengan tendangan brilian pada injury time.

"Pique tak tergantikan karena itu sebuah jaminan untuk soliditas pertahanan mereka dengan atau tanpa bola, dia juga membuat rekan-rekan setimnya lebih baik. Itu terlihat jelas dengan menyaksikan performa [Samuel] Umtiti-[Clement] Lenglet [dua bek sentral yang dipasang Barca] melawan Villarreal [yang tidak sempurna]," tulis media yang berbasis di Barcelona, sport.es.

Lantas kenapa Pique tak dimainkan melawan Villarreal? Pelatih Barca, Ernesto Valverde, beralasan mantan bek Manchester United itu perlu istirahat. Pique memang hampir selalu turun di semua laga Barca musim ini, terutama laga-laga krusial. Dia tampil brilian dalam dua leg melawan Lyon pada babak 16 besar Liga Champions, dan ketika Barca mempermalukan Real Madrid secara beruntun di Santiago Bernabeu pada Copa del Rey dan Liga Spanyol.

Pique mulai diistirahatkan pada 17 Januari 2019 lalu saat Barca melawan Levante di Copa del Rey. Sejak itu, dia turun dalam 17 pertandingan dan hanya sekali menelan kekalahan yakni pada Supercoppa de Catalunya.