Bahaya! Manchester City Krisis Bek Kiri

Manchester City (Reuters/Jason Cairnduff)
05 April 2019 08:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER — Manchester City mengudeta Liverpool dari puncak klasemen setelah menaklukkan Cardiff City dengan skor 2-0 di Etihad, Kamis (4/4/2019) dini hari WIB. Kemenangan ketujuh City di kandang sendiri sepanjang 2019 itu membawa mereka unggul satu poin dari Liverpool hingga pekan ke-32.

Meski kembali memimpin klasemen, The Citizens tampaknya harus ekstra waspada. Salah satu penyebabnya adalah bertumbangannya pemain andalan di lini belakang. Cedera Oleksandr Zinchenko saat melawan Cardiff meninggalkan lubang besar di sektor bek kiri.

Pemain Timnas Ukraina itu mengalami cedera hamstring hingga diperkirakan absen sekitar dua-tiga pekan. Apesnya, pemain lain di posisi itu yakni Benjamin Mendy masih belum benar-benar pulih dari cedera lutut. Demikian halnya Fabian Delph yang masih berjuang untuk pemulihan cedera.

“Kehilangan Zinchenko tidak terlihat bagus. Fabian Delph juga tidak ada [dalam skuat], kami tidak memiliki banyak pilihan [di posisi bek kiri],” ujar Josep “Pep” Guardiola, seperti dilansir mancity.com, Kamis.

Zinchenko sebenarnya bukan pemain yang berposisi asli sebagai bek kiri. Saat bermain di PSV Eindhoven dan Timnas Ukraina, pemain 22 tahun itu berposisi sebagai gelandang bertahan hingga sayap kiri. Namun kehilangan Mendy dan Delph membuat Guardiola menggesernya ke posisi bek kiri.

Perubahan ini lumayan manjur lantaran Zinchenko mampu mencetak satu gol dan lima assist di seluruh kompetisi. Dengan kondisi terakhir, Pep kemungkinan besar akan memainkan Danilo atau Aymeric Laporte di posisi bek kiri. Danilo sudah beberapa kali menjalani peran itu, termasuk saat bergeser dari posisi bek kanan ke bek kiri saat menjamu Cardiff. “Tapi itu bukan posisi alaminya. Kami akan mencari solusi,” kata Guardiola.

Muncul opsi memainkan Mendy meski sang pemain belum sepenuhnya sembuh dari cedera. Eks pemain AS Monaco itu memang tak bisa tampil maksimal dua musim terakhir lantaran dibelit cedera lutut. Mendy juga kerap dikritik karena gaya hidupnya yang glamour. Guardiola disebut akan mempertimbangkan menurunkan Mendy di semifinal Piala FA melawan Brighton.

“Kita lihat saja bagaimana dia merasakan cederanya, bagaimana dia berlatih nanti. Kami tidak punya banyak pilihan,” kata sang pelatih.

Manchester City akan menjalani pertandingan-pertandingan krusial demi mencapai target memenangi empat trofi dalam semusim. Setelah berhasil meraih gelar juara Piala Liga, mereka akan berjuang di semifinal Piala FA melawan Brighton pada Sabtu (6/4/2019) dan leg pertama babak 8 besar Liga Champions, menghadapi Tottenham Hotspur, tiga hari setelahnya. (Chrisna Chanis Cara/JIBI)