Tuah Stadion Baru Tottenham Berlanjut Hingga Akhir Musim?

Tottenham Hotspur (Reuters/Matthew Childs)
05 April 2019 14:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Atmosfer stadion baru tampaknya membawa aura positif bagi Tottenham Hotspur. Setelah gagal menang dalam lima laga terkini Liga Premier, Spurs akhirnya kembali merebut tiga poin saat membekuk Crystal Palace dengan skor 2-0, Kamis (4/4/2019) dini hari WIB. Hasil laga perdana Jan Vertonghen di Tottenham Hotspur Stadium itu pun diharapkan memberi suntikan moral untuk finis di empat besar.

Klub berjuluk Lilywhites ini harus menunggu tiga tahun untuk menjajal stadion berkapasitas 62.042 orang itu. Stadion yang memiliki dua lapis lapangan tersebut menghabiskan dana amat besar, 85 juta poundsterling atau mencapai Rp15,89 triliun.

Pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino, bahkan merasa seperti juara Piala Dunia saat kali pertama menjejakkan kaki di stadion tersebut. “Kami adalah juara Piala Dunia dalam hal fasilitas, sekarang tim yang harus berada di level sama,” ujar Pochettino seperti dilansir The Guardian, Kamis.

Kemenangan 2-0 atas Crystal Palace memang menjadi lecutan kepercayaan diri tersendiri bagi Lilywhites. Selain menyempurnakan atmosfer laga perdana di stadion baru, hasil tersebut mengakhiri rentetan hasil buruk mereka sejak akhir Februari. Mereka sempat menelan empat kekalahan dan satu imbang di lima laga terbaru yang membuat mereka terancam keluar dari empat besar.

Namun gol Heung Min Son dan Christian Eriksen saat menjamu Palace membawa Spurs menggeser Arsenal di posisi ketiga dengan 64 poin dari 32 laga. Pochettino mengakui atmosfer stadion baru sangat memengaruhi semangat bertanding anak asuhnya. “Mustahil tak terpengaruh energi tersebut. Kalau Anda tak termotivasi untuk bermain di atmosfer semacam ini, ada yang tidak beres di kepala Anda.”

Namun posisi mereka masih jauh dari kata aman. Ada tiga tim yang bisa menyalip di sisa musim, yakni Arsenal, Chelsea, dan Manchester United. Arsenal sementara ada di posisi empat dengan 63 poin, tapi belum memainkan laga ke-32. Sementara Chelsea dan MU berturut-turut di posisi lima dan enam dengan 63 dan 61 poin.

Beruntung Tottenham masih menyisakan empat laga kandang dari enam laga tersisa di kompetisi musim ini. Pochettino berharap Tottenham Hotspur Stadium bisa menjadi faktor X bagi kelolosan tim ke Liga Champions. Apalagi lawan tersisa yang bakal mereka hadapi di stadion baru relatif ringan yakni Huddersfield, Brighton, West Ham dan Everton.

“Saya percaya diri kami akan finis di empat besar, tak diragukan lagi. Memang ada sedikit tekanan, tapi antusiasme dan motivasi dari fans kami membuat segalanya mungkin terjadi. Kami mulai merasa bahwa ini rumah kami,” ujar pelatih Argentina ini.