6 Statistik Menawan Manchester City Jelang Semifinal Piala FA

Manchester City (Reuters/Jason Cairnduff)
05 April 2019 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Manchester City menjejak semifinal Piala FA. Mereka akan menghadapi Brighton & Hove Albion di Stadion Wembley, Sabtu (5/4/2019) malam WIB.

City saat ini memiliki misi untuk meraih quadruple alias meraih empat gelar juara dalam satu musim. Anak asuh Josep Guardiola itu sebelumnya sudah memastikan gelar juara Piala Liga Inggris. Tiga kompetisi lain yang masih berpotensi dimenangi City adalah Piala FA, Liga Premier Inggris, dan Liga Champions.

Piala FA menjadi kompetisi yang paling dekat bisa dimenangi oleh City. Mereka butuh mengalahkan Brighton untuk mencapai partai puncak. Menariknya, misi The Citizens untuk terus melaju di Piala FA didukung oleh statistik mentereng.

Berikut enam fakta apik City jelang menghadapi Brighton seperti dilansir situs resmi klub, Jumat (5/4/2019):

1. Manchester City mengemas 19 gol untuk menggapai semifinal turnamen musim ini. Rotherham dijebol tujuh kali, gawang Burnley dirobek lima kali, Newport digelontor empat gold an terakhir Swansea dijebol gawangnya tiga kali.

2. Manchester City punya rekor 100% tak kebobolan di Piala FA saat main di Etihad Stadium. Tapi pada laga away gawang mereka dijebol tiga kali. Seluruh lawan Manchester City total hanya bisa melepaskan 24 tembakan saja. Dari jumlah tersebut cuma enam yang tepat ke sasaran.


3. Manchester City sudah melepaskan 89 tembakan (termasuk tandukan) di Piala FA musim ini. Jika dirata-rata, City selalu bikin satu tembakan setiap empat menit. Dari jumlah 89 tembakan tersebut, 38 di antaranya mengarah ke sasaran. Itu artinya, jika dirata-rata, City membuat satu gol setiap melepaskan dua tembakan.

4. Tak ada pemain yang berhasil melepaskan assist sebanyak Ilkay Gundogan di Piala FA musim ini. Gundogan sudah membuat empat assist, yang semuanya dia buat di laga dengan Rotherham.

5. Dari laga-laga di Piala FA, penguasaan bola Man City mendekati 3/4 atau rata-rata 73%.  Saat berhadapan dengan Rotherham penguasaan bola City mencapai 70%, lalu menghadapi Burnley sebesar 75%, dilanjutkan dengan ball possession 77% kontra Newport, dan 69% saat susah payah mengandaskan Swansea

6. City juga punya catatan cemerlang dalam hal umpan sukses. Sejauh ini 88,6% operan yang dilakukan pemain City selalu tepat sasaran.