Prediksi Semifinal Piala FA Manchester City Vs Brighton

Manchester City (Reuters/Phil Noble)
06 April 2019 08:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Sudah sejak lama Piala FA dikenal sebagai turnamen pembunuh para raksasa. Musim ini pun demikian. Deretan tim tangguh seperti Manchester United, Arsenal, Chelsea serta Liverpool harus bertumbangan sebelum babak empat besar. Liverpool bahkan sudah tersingkir di babak ketiga setelah kalah 1-2 dari Wolverhampton Wanderers.

Peta penghuni semifinal Piala FA musim ini pun menunjukkan dominannya tim kejutan dalam turnamen tertua di dunia tersebut. Dari empat semifinalis yakni Manchester City, Brighton & Hove Albion, Watford dan Wolverhampton, praktis hanya City yang berstatus tim besar.

Fakta banyaknya tim kuat yang terjungkal di Piala FA musim ini membuat City harus waspada saat menghadapi Brighton dalam semifinal di Wembley, Sabtu (6/4/2019) malam WIB. Berstatus kandidat terkuat juara Piala FA, City memang berambisi memenangi turnamen itu demi menorehkan trofi kedua bagi tim setelah mengangkat trofi Piala Liga Februari lalu.

Selain Piala FA, City masih berpeluang juara di Liga Premier Inggris dan Liga Champions. Namun Manchester Biru wajib benar-benar fokus jika tak ingin peluang quadruple sirna seketika saat menghadapi The Seagulls, julukan Brighton.

City wajib mengenyampingkan sejenak tensi persaingannya dengan Liverpool di Liga Premier jika ingin menyingkirkan Glenn Murray dkk. di semifinal Piala FA. Sergio Aguero dkk. memang berpotensi melorot ke posisi kedua andai Liverpool membekuk Southampton, Sabtu (6/4/2019) dini hari WIB.

“Jelas ketika Anda masuk ke bulan-bulan terakhir di mana Anda bisa memenangi atau kehilangan segalanya, Anda harus mengatasi tekanan. Kami terbiasa dengan ini,” ujar gelandang City, Kevin De Bruyne, seperti dilansir BBC, Kamis (4/4/2019).

Laga melawan harusnya bukan jadi masalah untuk City. The Citizens tak pernah kalah dari Brighton dalam 20 tahun terakhir. Sementara dalam empat pertemuan terakhir City berhasil melesakkan sembilan gol dan hanya kemasukan tiga kali. Sejauh ini City juga tampil superior di Piala FA dengan melesakkan 19 dari empat pertandingan.

Namun kemenangan susah payah saat mereka membekuk Swansea di perempat final bisa menjadi alarm bahaya bagi City. Saat itu mereka tertinggal 0-2 lebih dulu sebelum membalikkan keadaan dengan skor 3-2. Beruntung Brighton sendiri tengah terpuruk setelah dipermak Chelsea 0-3 di Liga Premier beberapa hari lalu.

“Kami satu langkah lagi akan tampil di final Piala FA, memperebutkan trofi tertua yang pernah ada. Kami melewati masa-masa sulit musim ini, tapi kami beruntung dapat melaluinya dengan baik,” kata Pelatih City, Josep Guardiola, dilansir Sportskeeda.