Barcelona Vs Atletico Madrid: Sniper Bisa Bikin Keder

Lionel Messi (Reuters)
06 April 2019 10:11 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA--Pertahanan Atletico Madrid menjadi yang tertangguh di Liga Primera musim ini. Gawang tim yang dibesut Diego Simeone hanya kemasukan 19 gol dalam 30 laga.

Jika bicara mengenai pertahanan Atletico, sosok kiper Jan Oblak tak bisa dinafikan perannya di lini belakang tim asal Ibu Kota Spanyol itu. Penjaga gawang asal Slovenia tersebut mengemas clean sheet sebanyak 17 kali dalam 30 laga di Liga Primera musim ini. Tak ayal peraih Trofeo Zamora empat kali beruntun tersebut disebut-sebut bisa menjadi senjata utama Atletico saat melawat ke markas Barcelona di Camp Nou, Barcelona, Minggu (7/4/2019) pukul 01.45 WIB.

"Semua tim hebat pasti punya seorang kiper hebat, Oblak melakukan hal hebat dalam jangka waktu lama, berdasarkan kemampuan individunya maka dia bisa membantu tim," jelas Pelatih Atletico, Diego Simeone, seperti dilansir marca.com, Jumat (5/4/2019).

Oblak sangat diperlukan untuk membantu Atletico membuka harapan di jalur juara Liga Primera musim ini. Sebelum melawat ke Camp Nou, Atletico terpaut delapan poin dari raksasa Catalan yang memimpin perebutan gelar juara. Kemenangan akan memperpanjang napas Atletico ke singgasana Liga Primera. Sebaliknya, kekalahan akan memaksa mereka semakin terlempar dari lintasan perebutan gelar.

"Satu-satunya opsi yang bisa mengantar kami mendekati peluang meraih juara Liga Primera yakni dengan menang di markas Barca," lanjut Simeone.

Nah, Oblak diharapkan bisa membawa Atletico meraih kemenangan untuk kali pertama di Camp Nou sejak tim Ibu Kota Spanyol itu dibesut Simeone. Masalahnya, Oblak seperti melempem ketika berhadapan dengan raksasa Catalan. Gawang Oblak kemasukan 17 gol dalam 12 pertemuan kontra Barca.

Megabintang Barca, Lionel Messi, yang berpotensi paling membuat Oblak keder di bawah mistar gawang Atletico. Messi merobek gawang Oblak enam kali dalam 12 pertemuan. Pendukung Barca pun tak perlu cemas jika sampai Messi gagal merobek gawang Oblak dari open play. Sebab, Messi bisa mengandalkan senjata tendangan bebasnya yang mematikan.

Messi mencetak gol tendangan bebas langsung dalam tiga laga terbaru Barca di Liga Primera. Inilah kali ketiga dia mengemas streak gol tendangan bebas langsung dalam tiga laga beruntun dalam kariernya. Total, Messi mencetak 41 gol dari direct free-kick dalam 676 pertandingan bersama Blaugrana, julukan Barca. "Leo Messi, sniper paling mematikan," tulis media Spanyol, Dario Sport.

Jadi yang perlu dikhawatirkan Barca bukan bagaimana cara merobek gawang Atletico, namun bagaimana mereka merapatkan barisan belakang agar tidak ditembus penyerang milik tim pasukan Simeone. Maklum, pertahanan Barca sedang angin-anginan musim ini. Medio pekan ini, gawang Barca kebobolan empat gol saat ditahan 4-4 di kandang Villarreal. Barca harus kembali menurunkan bek Gerard Pique yang diistirahatkan ketika melawan Villarreal.

Kabar baik untuk Barca, sederet penyerang Atletico diragukan dalam kondisi bugar. Alvaro Morata mengalami cedera. Sedangkan Diego Costa belum 100 persen pulih. Mau tak mau, Simeone akan berharap pada Antoine Griezmann yang belakangan kembali santer diberitakan bakal hijrah ke Barca.

 

Perkiraan Starting XI

Barcelona (4-3-3) Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquets, Arthur; Messi, Suarez, Coutinho

 

Atletico Madrid (4-4-2) Pelatih: Diego Simeone (Argentina)

Oblak; Arias, Gimenez, Godin, Luis; Nigeuz, Partey, Rodrigo, Koke; Griezmann, Costa