Liga Italia: Persaingan Panas di Zona Eropa

Inter Milan vs Napoli (Reuters/Alberto Lingria)
09 April 2019 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MILAN — Persaingan menuju gelar scudetto tampaknya bakal segera berakhir setelah Napoli hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Genoa di San Paolo, Senin (8/4/2019) dini hari WIB. Hasil itu membuat Juventus tinggal butuh hasil imbang melawan SPAL akhir pekan ini. Jika perburuan scudetto cenderung antiklimaks, lain halnya dengan persaingan meraih tiket Liga Champions musim depan.

Setidaknya ada enam tim yang bakal saling sikut untuk meraih dua tiket Liga Champions tersisa. Dua tiket lain sudah diamankan Juventus dan kemungkinan besar Napoli. Saking ketatnya persaingan, jarak peringkat ketiga, Inter Milan, dengan Torino di posisi delapan saat ini hanya delapan poin. Dengan musim yang masih menyisakan tujuh pertandingan, Nerazzurri pun belum tenang karena sewaktu-waktu bisa terlempar dari empat besar.

Mauro Icardi dkk. sebenarnya punya peluang memantapkan posisi di peringkat ketiga. Sayang mereka hanya bermain imbang 0-0 melawan Atalanta yang merupakan rival langsung dalam perebutan tiket Liga Champions. Bagi Atalanta, hasil tersebut sudah cukup untuk menggeser AC Milan dari peringkat empat klasemen.

Meski punya poin sama, 52, Atalanta unggul head to head dari Rossoneri. Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, pun mulai berani bicara soal Liga Champions setelah sebelumnya hanya menargetkan finis di zona Liga Europa.

“Kami sudah berada di sini sekarang [empat besar] dengan tujuh laga tersisa. Kami pikir butuh beberapa pekan lagi sebelum kami bisa mulai percaya [bisa meraih tiket Liga Champions],” ujar Gasperini seperti dilansir Football Italia.

Atalanta memang harus tetap menjaga konsistensi performa. Selain Milan, duo Ibu kota yakni AS Roma dan Lazio punya peluang mengudeta mereka dari posisi keempat. Roma sendiri baru saja bangkit lewat kemenangan 1-0 atas Sampdoria yang membuat mereka menguntit di peringkat enam, hanya selisih satu poin dari Atalanta dan Milan.

Adapun Lazio baru saja membuang peluang menggusur Roma setelah hanya bermain imbang 2-2 melawan Sassuolo. Meski demikian, Ciro Immobile dkk. masih menyimpan satu laga lebih banyak dibanding kompetitor lain. Poin mereka bakal sama dengan Atalanta dan Milan apabila mampu memenangi partai simpanan tersebut.

Pelatih Lazio, Simone Inzaghi, mengatakan laga melawan Rossoneri akhir pekan ini bakal krusial dalam perebutan tiket Liga Champions tersisa. “Ini laga penting untuk pertarungan menuju Eropa. Kami akan bertarung sampai akhir,” ujarnya.