Frenkie De Jong, Titisan Cruyff yang Mengagumi Messi

Frenkie De Jong (Twitter)
09 April 2019 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, AMSTERDAM - Tidak ada lagi sosok Johan Cruyff. Legenda Ajax Amsterdam dan Barcelona itu telah mengembuskan napas terakhirnya pada 24 Maret 2016 silam. Namun, Cruyff seolah memiliki pemain titisan pada diri gelandang Frenkie de Jong.

Pemain berusia 21 tahun ini selalu dikait-kaitkan dengan Cruyff karena garis perjalanan kariernya yang sangat mirip. Seperti Cruyff, De Jong meniti karier bersama Ajax. Pemain kelahiran Arkel, Belanda, 12 Mei 1997 tersebut juga telah memutuskan masa depannya bersama Barcelona. De Jong telah menekan kontrak dengan Barca dengan banderol 75 juta euro (Rp1,1 triliun) dan siap pindah mulai musim depan.

Tak hanya klub yang dibela, De Jong memiliki kemiripan dengan Cruyff dalam teknik bermain terutama tentang berlari dan cara membawa bola. Bahkan, tak sedikit yang menilai keduanya mirip secara penampilan. Sama-sama berambut pirang yang selalu berkibas saat berlari kencang.

"[Orang-orang membandingkan kami] karena kami memiliki cara berjalan dan berlari yang sama. Itu sedikit keluar konteks. Saya tidak berpikir mereka benar-benar membandingkanku dalam hal betapa bagusnya dia atau betapa bagus jadinya saya nanti, atau apa yang memengaruhiku, karena dia jauh-jauh lebih hebat dibandingkan saya saat ini atau saya di masa depan. Saya tidak pernah mau dibandingkan dengan Cruyff," ujar De Jong dalam wawancaranya dengan uefa.com, Selasa (9/4/2019).

De Jong memang masih jauh berada di belakang Cruyff jika urusannya trofi. Tapi setidaknya, dia sudah berada di jalur yang tepat untuk mengikuti jejak maha guru sepak bola itu. De Jong menjadi bagian skuat yang membuat Ajax bangun dari tidur panjangnya di panggung Eropa.

Pasukan Erik Ten Hag ini membawa Ajax lolos ke perempat final Liga Champions untuk kali pertama sejak 16 tahun silam. Tak tanggung-tanggung, tim yang disingkirkan Ajax pada babak 16 besar lalu adalah juara bertahan tiga kali, Real Madrid.

De Jong dkk. mendapat lawan yang tak kalah besar yakni Juventus pada perempatfinal. Ajax akan menjadi tuan rumah pada leg pertama di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Kamis (11/4) pukul 02.00 WIB. Kabar buruk bagi Ajax karena Juve disebut-sebut bisa kembali diperkuat top scorer sepanjang sejarah Liga Champions, Cristiano Ronaldo. Tapi di sisi lain, kehadiran megabintang Juve itu bisa jadi justru menambah motivasi bagi De Jong yang dikenal sebagai fans musuh Ronaldo, Lionel Messi.

"Saya selalu berpikir Messi adalah pemain terbaik. Sebagai pemain muda, saya lebih sering menjadi pemain No. 10 [playmaker] yang bermain di belakang para striker. Sedikit malas, dengan lebih banyak penguasaan bola. Sekarang saya lebih sering mengendalikan pemain yang bekerja membangun serangan," jelas De Jong.