Leg I Final Piala Presiden 2019: Persebaya Vs Arema Berakhir 2-2

Logo Piala Presiden 2019
09 April 2019 17:33 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, SURABAYA - Pertandingan leg pertama babak final Piala Presiden 2019 berakhir imbang. Dua tim top Jawa Timur yakni Persebaya Surabaya dan Arema FC yang saling bentrok harus puas dengan hasil imbang.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019), Persebaya mencoba langsung menekan sejak awal. Mereka mendapat kesempatan melalui skema tendangan sudut. Sayang, bek Arema Johan Alfarizi masih sigap untuk menghalau peluang Persebaya itu.

Persebaya akhirnya bisa mencetak gol pada menit ketujuh. Otavio Dutra melepaskan umpan panjang akurat yang kemudian dikuasai oleh Irfan Jaya. Irfan lantas melepaskan tendangan melengkung yang berhasil memperdaya Kartika Ajie. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Tertinggal, Arema lantas mencoba menyerang. Mereka mendapat peluang melalui Arthur Da Rocha namun masih bisa diantisipasi kiper Persebaya, Miswar Saputra. Peluang kedua Arema tercipta pada menit ke-21. Tendangan Dedik Setiawan dari dalam kotak penalti Persebaya masih meleset.

Singo Edan akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-33. Fandi Eko membuat blunder. Bola yang dikuasainya berhasil direbut oleh Hendro Siswanto. Hendro lantas melakukan solo run, lalu melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pertandingan kian sengit dan berjalan dengan tempo yang sangat cepat. Kedua tim saling jual beli serangan. Persebaya lebih banyak menekan, sementara Arema lebih banyak mengancam lewat serangan balik berbahaya.

Persebaya kembali unggul pada menit ke-72. Mereka mendapat hadiah penalti setelah Amido Balde dilanggar Hamka Hamzah di kotak terlarang. Damian Lizio yang menjadi eksekutor sukses menunaikan tugasnya.

Namun keunggukan tim berjuluk Bajol Ijo itu tak bertahan lama. Arema mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2, enam menit kemudian. Makan Konate sukses mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan bebas. Skor 2-2 bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya pertandingan leg kedua babak final Piala Presiden 2019 akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (12/4/2019) mendatang.

Susunan Pemain

Persebaya: Miswar, Hansamu, Syaifuddin, Novan Setya, Dutra, Misbakus, Hidayat (Fandi Eko 12), Lizio, Irfan Jaya, Balde, Dzhalilov

Arema FC: Kartika Ajie, Arthur, Hamka, Alfarizie, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, Konate, Ricky Kayame, Dendy Santoso, Dedik Setiawan