Ajax Vs Juventus: Ronaldo Main?

Cristiano Ronaldo merayakan gol ketiganya ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions 2018-2019 di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (13/3 - 2019) dini hari WIB. (Reuters/Alberto Lingria)
10 April 2019 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, AMSTERDAM - Gioco! Begitulah judul pada kaver majalah Italia, Tutto Sport, menjelang lawatan Juventus ke markas Ajax Amsterdam pada leg pertama perempat final Liga Champions tengah pekan ini.

Kalimat yang artinya kira-kira "Saya Main!" itu dipajang di samping foto megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Tutto Sport melaporkan Ronaldo meyakinkan Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, dirinya siap bermain melawan Ajax pada leg pertama perempat final di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Kamis (11/4/2019) pukul 02.00 WIB.

Ronaldo digadang-gadang bisa comeback ke lapangan setelah menderita cedera hamstring saat membela Portugal pada jeda internasional, Maret 2019 lalu. Pemain berjuluk CR7 ini sempat absen membela Juve dalam empat laga di Seri-A.

Sebelumnya, Ronaldo sudah berjanji bakal kembali bugar dalam kurun waktu satu hingga dua pekan sejak cedera. Janji itu sepertinya bakal ditepati. Pemain berusia 34 tahun ini sudah bergabung dalam latihan timnya, Senin (8/4/2019) waktu setempat dan diharapkan ikut dalam lawatan Juve ke Amsterdam.

"Dia [Ronaldo] selalu merasa siap main. Kami yakin bisa bersamanya di Ajax nanti," ujar Allegri, seperti dilansir worldsoccertalk.com, Selasa (9/4/2019).

Kehadiran Ronaldo bisa menjadi mood boaster (pendongkrak semangat) Juve yang berambisi mengakhiri paceklik gelar Liga Champions sejak 1996. CR7 merupakan pahlawan Juve saat melakoni comeback sensasional untuk menyingkirkan Atletico Madrid dengan agregat 3-2 pada babak 16 besar lalu. Dia menyelamatkan La Vecchia Signora, julukan Juve, dengan memborong hattrick pada leg kedua.

Dalam empat laga sejak Ronaldo absen karena cedera, Juve seolah menemukan pengganti mesin gol pada sosok Moise Kean. Penyerang berusia 19 tahun ini melesakkan tiga gol dalam tiga laga terakhir Juve, termasuk ke gawang AC Milan, akhir pekan lalu. Namun, pengalaman Ronaldo di Liga Champions susah ditandingi siapa pun, termasuk Kean. CR7 melesakkan 63 gol pada fase knock-out, di mana 22 gol di antaranya tercipta pada perempat final.

Pemain yang diboyong dari Real Madrid musim panas lalu tersebut berpotensi menjadi kartu AS bagi Juve untuk meneruskan rekor impresif mereka di kandang Ajax. Dalam catatan UEFA, La Vecchia Signora tak pernah menelan kekalahan dalam 10 kali kunjungan ke markas tim beralias De Godenzonen (Anak-Anak Tuhan) ini.

Namun, Ajax yang diperkuat sebagian besar bintang muda itu tak memiliki alasan untuk takut kepada tim mana pun setelah mereka menumbangkan juara tiga kali beruntun, Real Madrid, pada babak 16 besar lalu. Apakah Ronaldo bakal bernasib serupa dengan mantan klubnya yang disingkirkan anak-anak muda Ajax secara tragis dari turnamen elite Eropa ini?

"Kami bisa tunjukkan kepada semua orang kami tim yang sama bagus, bahkan lebih baik, dari siapa pun," jelas gelandang Ajax, Frenkie de Jong, seperti dilansir uefa.com.

Ketajaman Ronaldo bakal disaingi striker Ajax, Dusan Tadic, pada bentrok di Johan Cruyff Arena. Eks bomber Southampton itu tampil brilian dengan menyumbang satu gol dan dua assist saat Ajax membantai Madrid 4-1 pada leg kedua babak 16 besar di Santiago Bernabeu. Tadic sejauh ini mengoleksi 20 gol dan sembilan assist di Eredevisie musim ini.