Tottenham Terancam Kehilangan Kane hingga Akhir Musim

Harry Kane (Reuters/Paul Childs)
11 April 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Kemenangan Tottenham Hotspur 1-0 melawan Manchester City pada leg pertama perempatfinal Liga Champions memakan korban. Bomber utama mereka, Harry Kane, terkapar karena menderita ligamen engkel.

Kane harus dituntun keluar lapangan setelah ditekel langsung bek City, Fabian Delp, sekitar menit ke-55. Cedera Kane tampaknya cukup parah. Dia bahkan terancam absen hingga akhir musim nanti.

Padahal, Spurs masih harus melakoni laga-laga krusial menjelang sisa musim ini. Di Liga Premier Inggris, Spurs menyisakan enam laga penting yang sangat menentukan posisi mereka di zona empat besar. Mereka juga masih harus bertamu ke markas City pada leg kedua perempat final Liga Champions tengah pekan depan.

Pelatih Spurs, Mauricio Pochettino, tak bisa menyembunyikan kegeramannya ketika melihat bomber kesayangannya ditekel langsung Delph. Pochettino pun sempat mendatangi bek kelahiran Bradford tersebut.

"Saya bicara dengannya [Delph], dia beruntung karena wasit tidak mengecek [lewat video assistant referee] dan mungkin caranya bersikap, itu bisa membuatnya dikartu merah. Namun saya pikir keduanya sama-sama berebut bola dan tidak ada maksud untuk saling menyakiti. Pembicaraan dengan Delph juga baik-baik saja," jelas Pochettino, seperti dilansir theguardian.com.

Ini adalah kali kelima Kane menderita cedera ligamen engkel. Sebelum ini, Kane mengalami hal serupa saat membela timnya melawan Manchester United pada Januari 2019 lalu. Saat itu, kapten Timnas Inggris tersebut terpaksa menepi hingga enam pekan.

Naasnya, kali ini Kane menderita cedera engkel di kaki kiri yang sama ketika melawan United. Dalam tiga cedera sebelumnya, selalu terjadi di kaki kanan. Kane harus menjalani pemeriksaan scan untuk memastikan seberapa parah cedera itu.

"Saya sangat cemas dia akan absen hingga akhir musim. Kami berharap ini bukan masalah besar dan dia bisa sembuh secepatnya, namun kelihatannya tidak bagus. Jika Anda lihat insiden itu, engkelnya seperti terputar dan mungkin cedera ligamen lagi. Kami akan cek dalam beberapa hari ke depan," ujar Pochettino.

Jika Kane benar-benar absen sampai akhir musim, Pochettino masih memiliki Son Heung-min yang bisa diandalkan menjebol gawang lawan. Pemain asal Korea Selatan ini selalu menyokong gol dalam dua laga pertama Spurs di stadion baru mereka, Tottenham Hotspur Stadium, termasuk saat menundukkan City.

Pendukung Spurs juga tak perlu terlalu cemas jika menengok statistik tim kesayangan mereka tanpa Kane. Tim berjuluk The Liliywhites ini mencaplok persentase kemenangan hingga 66,70 persen tanpa Kane.