Chris Smalling, Alasan Messi Mati Kutu & Berdarah-Darah di Old Trafford

Lionel Messi (Reuters/Lee Smith)
11 April 2019 22:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER - Chris Smalling membuktikan ucapannya untuk mematikan Lionel Messi. Tak hanya membuat Messi tak berkutik di lapangan, Smalling juga membuat Messi tumbang dan berdarah-darah. Itu dilakukannya saat Manchester United (MU) menjamu Barcelona di Old Trafford, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB.

Messi memang menjadi ancaman nyata lini belakang United lewat torehan 43 gol dan 23 assist di semua kompetisi musim ini, termasuk delapan gol di Liga Champions. Pemain Timnas Argentina itu juga punya catatan apik saat menghadapi tim-tim Inggris. Dia mampu menjaringkan 22 gol, 12 di antaranya dari delapan pertemuan terakhir. Sebelum laga dimulai, para bek MU agaknya cukup deg-degan dengan statistik tersebut.

Messi akhirnya terbukti membikin masalah setelah membidani gol Barca di menit ke-12. Saat itu crossing-nya berhasil disambut Luis Suarez dengan sundulan. Bola sempat mengenai Luke Shaw dan masuk ke gawang David de Gea. Namun sampai di situ saja Messi mampu memberi kontribusi nyata di leg I perempat final Liga Champions tersebut. Di sisa laga, pemain 31 tahun itu hanya bikin satu peluang dan sekali melewati lawan.

Penurunan performa ini tak lepas dari permainan keras yang diperagakan Smalling saat menjaga Messi. La Pulga bahkan harus terkapar di menit ke-28 karena sikutan eks bek Fulham tersebut. Saat itu Messi yang sedang menunggu bola dari udara tiba-tiba diterjang Smalling dari belakang. Dalam tayangan ulang, terlihat tangan Smalling mengenai wajah Messi.

Hidung Messi langsung mengucurkan darah cukup banyak seusai insiden ini. Tak cuma hidung, kelopak matanya juga luka sehingga mendapat perawatan cukup lama di pinggir lapangan. Smalling mengklaim hanya berupaya mematikan Messi seperti yang dilakukannya pada Kylian Mbappe di babak 16 besar.

“Saya rasa duel itu ada karena kami sama-sama mengincar bola. Kami harus bermain dengan intensitas yang tidak biasa kami perlihatkan setiap pekannya,” ujar Smalling dilansir BT Sport, Kamis.

Bagi Messi, performa tanpa golnya di Old Trafford melanjutkan nasib sialnya kala tampil di perempat final Liga Champions. Sejak menjebol gawang Paris Saint Germain di musim 2012/2013, sang bintang tak pernah mencetak gol di fase tersebut. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengakui insiden benturan dengan Smalling cukup memengaruhi performa Messi.

Dia menyebut pemain andalannya itu mengalami memar cukup parah. “Messi tidak begitu nyaman setelah benturan itu. Kami harus memeriksanya besok untuk melihat lagi kondisinya,” ujar Valverde dilansir Marca.