Liverpool Vs Chelsea: Sprint 100 Meter Terakhir!

Liverpool (Reuters/Carl Recine)
14 April 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Sebanyak 199 laga sudah dilewati Jurgen Klopp bersama Liverpool. Juru taktik asal Jerman itu pun bakal menadai laga ke-200 bersama tim Merseyside ini ketika menjamu Chelsea di Anfield, Liverpool, Minggu (14/4/2019) pukul 22.30 WIB.

Klopp tentu ingin menandai laga spesial tersebut dengan hasil apik. Apalagi, pertandingan melawan Chelsea sangat krusial untuk menentukan nasib mereka di lintasan perebutan gelar juara Liga Premier Inggris musim ini. The Reds, julukan Liverpool, bersaing sengit dengan Manchester City di dua papan teratas klasemen sementara.

Liverpool hanya unggul dua poin atas City yang menyisakan satu laga lebih banyak. Liverpool tinggal menyisakan lima pertandingan, termasuk menjamu Chelsea. Sedangkan City menyimpan enam laga. Klopp mengibaratkan persaingan gelar Liga Inggris layaknya lari 400 meter. Saat ini, Liverpool sudah melewati jarak sepanjang 300 meter. Jadi, sprint 100 meter terakhir yang bakal menjadi pertaruhan Mohamed Salah dkk.

"Jika Anda mengambil lari jarak 400 meter, ini tinggal 100 meter, setelah 200 meter bersama, pada 300 meter, dan terakhir 100 meter yang tersisa. Kami dalam momentum itu musim ini. Ini tentang bagaimana Anda mengerahkan seluruh anggota tubuh. Kami ingin mengontrol laga-laga dengan cara sangat positif. Kami harus bermain seperti orang dewasa," jelas Klopp, seperti dilansir liverpoolfc.com, Sabtu (13/4/2019).

Liverpool bisa kehilangan puncak klasemen sementara beberapa menit sebelum menjamu Chelsea di Anfield. Sebab pesaing mereka, City bermain lebih awal di kandang Crystal Palace, Minggu pukul 20.05 WIB. Jika City menang di markas Palace, maka Liverpool lengser ke peringkat kedua dengan tertinggal sebiji poin dari Manchester Biru. Konfigurasi posisi di klasemen itu bisa saja mengganggu konsentrasi The Reds.

"Tidak, kami tidak akan menonton Manchester City, kami hanya ingin berusaha konsentrasi dengan laga kami [melawan Chelsea]," ujar gelandang Liverpool, Naby Keita, seperti dikutip liverpoolecho.co.uk.

Liverpool meraih tiga kemenangan dan sekali imbang dalam empat laga kandang melawan big six di Liga Premier musim ini. Namun, Chelsea bisa jadi bakal menjadi tamu yang sangat menyulitkan. The Blues, julukan Chelsea, tak terkalahkan dalam delapan kunjungan terbaru mereka ke markas Liverpool tersebut di semua kompetisi.

Pasukan Maurizio Sarri akan berusaha mematahkan keangkeran Anfield musim ini demi mengamankan posisi mereka di zona empat besar. Striker Chelsea, Olivier Giroud, mengaku timnya tidak takut dengan kegarangan bek sentral Liverpool, Virgil van Dijk. Bomber Prancis ini beberapa kali berduel dengan Van Dijk di level tim nasional.

Bersama Prancis, Giroud mencetak gol ketika melawan Belanda yang diperkuat Van Dijk awal musim ini. Giroud juga pernah berduel dengan Van Dijk ketika Prancis melawan Belanda pada Maret 2016.

"Saya bermain dengann ya secara personal beberapa kali dan itu selalu sulit karena dia sangat bagus dan kuat, namun sayam mencetak beberapa gol ketika bermain melawan tim yang diperkuatnya," ujar Giroud.