Porto Vs Liverpool: Tantangan Mengulang Pesta Gol di Do Dragao

Liverpool Vs FC Porto (Reuters/Phil Noble)
17 April 2019 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, PORTO - Sejumlah bursa taruhan mulai menempatkan Liverpool sebagai tim favorit juara di Liga Champions musim ini. Setelah menyingkirkan Bayern Munchen pada babak 16 besar, Liverpool tinggal selangkah lagi mendepak Porto pada perempatfinal.

Pada leg pertama perempat final di Anfield, tim berjuluk The Reds ini menang lumayan telak 2-0. Jadi, The Reds akan lolos ke semifinal meski mereka kalah dengan selisih satu gol saat gantian melawat ke markas Porto pada leg kedua perempatfinal di Estadio Do Dragao, Porto, Kamis (18/4/2019) pukul 02.00 WIB.

Pada kunjungan terbaru di Do Dragao, Liverpool menang telak 5-0 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim lalu. Trisula Liverpool, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino sama-sama mencatatkan nama mereka di papan skor. Mane bahkan menyumbang hattrick pada duel tersebut.

Namun, pesta gol Liverpool di Do Dragao tersebut belum tentu terulang tengah pekan ini. Dalam catatan UEFA, Porto selalu menang dalam empat laga terbaru mereka di Estadio Do Dragao di Liga Champions. Salah satunya ketika menundukkan AS Roma dengan skor 3-1 lewat babak perpanjangan waktu pada leg kedua babak 16 besar lalu. Kemenangan itu memastikan mereka lolos ke perempatfinal meski sebelumnya takluk 1-2 pada leg pertama di kandang Roma.

Porto juga mendapat angin segar sebab dua pemain penting mereka, Pepe (bek) dan Hector Herrera (gelandang), bisa kembali turun ke lapangan setelah lepas dari sanksi. Kembalinya dua pentolan Porto itu sangat dicermati kubu Liverpool.

"Kami akan berangkat ke Porto, itu akan jadi laga yang sulit. Kami tahu mereka punya setidaknya dua pemain yang bisa kembali tampil, Pepe dan Hector Herrera, jadi mereka akan semangat dan memberi tantangan berat," ujar Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, seperti dilansir liverpoolecho.co.uk.

Porto selalu mencetak clean sheet dalam dua laga terbaru mereka ketika diperkuat Pepe di Do Dragao. Masing-masing saat menundukkan Boavista 2-0 dan Maritimo 3-0 di Premiera Liga.

Rekor Liverpool sendiri di luar Inggris pada Liga Champions tidak terlalu bagus. Mereka menelan lima kekalahan dalam 10 laga tandang terbaru di luar Inggris pada pentas Eropa. Namun sejak menang di markas Bayern, kepercayaan diri Liverpool kembali pulih.