Gara-Gara Ajax, Skenario Messi Vs Ronaldo Batal Terwujud

Ajax Amsterdam (Reuters/Costas Baltas)
18 April 2019 02:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, TURIN - Mimpi pencinta sepak bola menyaksikan duel Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo di final Liga Champions musim ini hancur berantarakan. Ajax yang dipenuhi talenta muda lah yang merusak skenario tersebut.

Messi memang masih bertahan di kompetisi ini setelah membawa Bacelona menjungkirkan Manchester United dengan agregat 4-0 untuk lolos ke semifinal. Namun, Ronaldo harus berbesar hati angkat kaki dari turnamen yang dicintainya ini setelah timnya, Juventus, disingkirkan Ajax dengan agregat 2-3 pada perempatfinal.

Seandainya sama-sama lolos, Messi dan Ronaldo sebenarnya berada dalam lajur untuk bertemu di babak final. Tapi, De Godenzonen (Anak-Anak Tuhan), julukan Ajax, meneruskan kejutan mereka di turnamen terelite di Eropa ini setelah menundukkan Juventus 2-di Allianz Stadium, Turin, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB.

Kapten Ajax yang masih berusia 19 tahun, Matthijs de Ligt, menjadi pahlawan setelah mencetak gol penentu kemenangan dengan sundulan kepalanya pada menit ke-67. Jebolan akademi Ajax itu resmi menjadi pemain termuda yang mampu mencetak gol di fase knock-out Liga Champions.

Di babak pertama, Donny van de Beek membawa Ajax menyamakan kedudukan setelah mereka tertinggal gol sundulan Ronaldo. "Bocah-bocah Ajax menyingkirkan Nyonya Tua," teriak Peter Drury, komentator BT Sport setelah laga.

Perjalanan Ajax sampai ke semifinal memang bak dongeng cinderella. Mereka memulai perjuangan sejak fase pertama kualifikasi. Total, 16 pertandingan sudah dilewati Frenkie de Jong dkk. Mereka pun hanya kalah sekali. Yaitu ketika ditekuk juara bertahan Real Madrid 1-2 pada leg pertama babak 16 besar lalu, sebelum akhirnya mereka membalasnya dengan kemenangan telak 4-1 di Santiago Bernabeu.

"Ini malam yang luar biasa bagi Ajax dan para pemain serta sepak bola Belanda. Sekali lagi kami mengiliminasi favorit," jelas Pelatih Ajax, Erik ten Hag, seperti dilansir afp.com.

Di saat Ronaldo menangisi nasibnya, rival abadinya, Messi menunjukkan aksi magisnya merobek gawang United dua kali di Camp Nou, Rabu dini hari WIB. Dua-duanya dilesakkan Messi lewat tembakan dari luar kotak penalti untuk memimpin daftar top scorer Liga Champions musim ini dengan total 10 gol. Sedangkan satu gol lainnya Barca malam kemarin disumbangkan Philippe Coutinho.

Di semifinal nanti, Barca akan bertemu pemenang Liverpool versus Porto. Sedangkan Ajax bakal menghadapi pemenang Manchester City versus Tottenham.