Napoli Vs Arsenal: Bukan Misi Mustahil Partenopei

Napoli (Reuters/Ciro De Luca)
18 April 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NAPLES - Syarat Napoli untuk lolos semifinal Liga Europa sangat berat. Mereka harus menang dengan keunggulan tiga gol ketika menjamu Arsenal pada leg kedua perempatfinal di San Paolo, Naples, Jumat (19/4/2019) pukul 02.00 WIB.

Itu karena Napoli keok 0-2 pada leg pertama di kandang Arsenal lalu. Namun, Manajer Napoli, Carlo Ancelotti, meyakinkan meraih kemenangan dengan keunggulan tiga gol saat menjamu Arsenal bukanlah misi mustahil.

Ancelotti ternyata terinspirasi dengan kejutan yang dibuat tim nonunggulan di Liga Champions, Ajax Amsterdam. Ajax menyingkirkan Juventus yang diperkuat Cristiano Ronaldo setelah menang 2-1 di Allianz Stadium, Turin, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB.

"Ya, laga di Turin itu menunjukkan bahwa laga-laga di Eropa tidak terprediksi. Anda hanya akan terlemisinasi jika terpeleset dalam dua leg [bukan satu leg]. Apa tiga hal yang kami perlukan untuk lolos ke semifinal? Semangat, intelejensi, dan sepenuh hati," jelas Ancelotti, seperti dilansir uefa.com.

Napoli memiliki track record apik saat menjamu tim-tim asal Inggris. Dalam catatan UEFA, tim berjuluk Partenopei ini memetik lima kemenangan dalam tujuh pertandingan terbaru kontra tim asal Negeri Ratu Elizabeth II di San Paolo. Dua sisanya masing-masing sekali kalah dan sekali imbang.

Salah satu kemenangan kandang itu diperoleh Napoli ketika menundukkan Liverpool 1-0 pada fase grup Liga Champions musim ini, atau sebelum mereka terpental ke Liga Europa. Lorenzo Insigne menjadi pencetak satu-satunya gol Napoli ke gawang Liverpool yakni menit ke-90. Napoli juga pernah menundukkan Swansea City 3-1 di Naples pada babak 32 besar Liga Europa 2013/2014.

Namun, Napoli juga perlu ingat pernah gagal menyingkirkan tim Inggris pada fase knock-out kompetisi Eropa. Yaitu ketika berhadapan dengan Chelsea pada babak 16 besar Liga Champions 2011/2012. Saat itu, Napoli menang 3-1 di kandang, namun keok 1-4 pada laga tandang. "Ini akan berat besok, namun saya lihat orang-orang di ruang ganti kami optimistis dan lapar [kemenangan]," ujar striker Napoli, Jose Callejon.

Sementara Arsenal tentu tak mau tiket semifinal Liga Europa yang sudah di depan mata melayang begitu saja. Pierre Emerick Aubameyang dkk. mulai memperbaiki rekor tandang mereka dengan kemenangan 1-0 di markas Watford pada lanjutkan Liga Premier, Selasa (16/4/2019) dini hari WIB.

Rekor tandang Arsenal ke Italia juga tak terlalu buruk. Mereka menang enam kali dan kalah enam kali, plus imbang empat kali dalam 16 kunjungan ke Negeri Piza. Rekor itu lebih baik jika dikerucutkan lagi. Arsenal menang lima kali dalam sembilan kujungan terakhir. Terbaru, The Gunners berpesta 2-0 di kandang AC Milan pada babak 16 besar Liga Europa musim lalu.