Bekuk Tottenham, City Punya Kepuasan Ganda

Manchester City vs Tottenham Hotspur (Reuters/Jason Cairnduff)
21 April 2019 17:55 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER - Manchester City membalaskan dendam mereka kepada Tottenham Hotspur. Setelah disingkirkan Spurs dari perempatfinal Liga Champions, tim besutan Josep "Pep" Guardiola itu membalasnya dengan menjungkirkan tim asal London Utara ini dengan skor 1-0 pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Sabtu (20/4/2019) malam WIB.

Namun kemenangan City atas Spurs malam kemarin bukan sekadar revans bagi Raheem Sterling dkk. Tambahan tiga poin ini mengantar The Citizens kembali bertakhta di pucuk klasemen sementara Liga Inggris. City menggeser pesaing mereka dalam perebutan gelar, Liverpool, dari puncak klasemen. Kini, Manchester Biru unggul satu poin atas Liverpool yang dijadwalkan melawat ke kandang Cardiff City, Minggu (21/4/2019) pukul 22.00 WIB.

"Kami tahu benar posisi mereka [Spurs] karena kami bermain dua kali [dalam kurun waktu hanya tiga hari. Ini sulit dan kami sedikit kelelahan, namun kami menuntaskan tugas dengan baik," ujar gelandang City, Phil Foden, seperti dikutip Reuters, Sabtu.

Foden mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan itu. Dia melesakkannya lewat sundulan kepala ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Gol tersebut diawali dari crossing Bernardo Silva yang diteruskan dengan Sergio Aguero dan dituntaskan dengan sundulan Foden.

Foden ditahbiskan sebagai pemain pertama kelahiran 2000-an yang bisa menyumbang gol untuk City di Liga Inggris. Dia sekaligus menjadi pemain termuda ketiga The Citizens yang mencetak gol di kompetisi ini dalam usia 18 tahun 327 hari. Sayang, City harus menerima kenyataan pahit kehilangan gelandang berpengaruh mereka, Kevin de Bruyne, yang ditarik keluar lapangan karena cedera pada menit ke-38.

Posisi City di puncak klasemen sementara hanya bertahan sehari jika Liverpool menang di kandang Cardiff, Minggu malam ini. Duel paling krusial pun masih menanti City, yakni ketika mereka melawat ke markas rival sekota, Manchester United, di Old Trafford, Kamis (25/4/2019) dini hari WIB.

Ini merupakan laga tabungan Setan Merah. Karena, Liverpool tidak akan bermain tengah pekan nanti. Jika City bisa memuncaki klasemen setelah laga Derby Manchester, maka anak asuh Guardiola itu bakal meninggalkan Liverpool di jalur perebutan gelar juara dalam tiga laga tersisa. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)