Barcelona Optimistis Sapu Bersih Gelar

Barcelona (Reuters/Albert Gea)
22 April 2019 08:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA — Barcelona tinggal selangkah lagi meraih satu dari tiga gelar yang berpeluang mereka borong musim ini. Ya, trofi Liga Spanyol bisa menjadi gelar perdana yang masuk ke lemari Blaugrana setelah mereka membungkam Real Sociedad dengan skor 2-1 di Camp Nou, Minggu (21/4/2019) dini hari WIB.

Dengan torehan 77 poin dari 33 pertandingan, Barca bisa berpesta di pekan berikutnya jika berhasil menundukkan Alaves di Estadio Mendizorroza, Rabu (24/4/2019) dini hari WIB. Namun skenario ini baru akan berjalan apabila rival Barca, Atletico Madrid, dikalahkan Valencia di pekan yang sama. Jika skenario itu gagal, Barcelona tetap akan meraih gelar jika mampu membekuk Levante di kandang sendiri di pekan selanjutnya.

Meski butuh setidaknya dua kemenangan lagi, para penggawa Barca sudah dinaungi optimisme untuk segera menyegel trofi Liga Primera ke-26 sepanjang sejarah tim. Itu juga akan menjadi gelar ketujuh mereka di kompetisi domestik dalam 10 musim terakhir, paling dominan ketimbang klub lain.

Bek sayap Barcelona, Jordi Alba, bahkan menegaskan timnya tak hanya menginginkan trofi Liga Primera, melainkan juga Liga Champions dan Copa del Rey. “Tentu tim ini ingin menjadi juara, mereka ingin memenangkan semuanya,” ujar Alba seperti dilansir Marca, Minggu.

Di Liga Champions, Barca bakal ditantang Liverpool di semifinal. Adapun Lionel Messi dkk. akan menghadapi Valencia dalam babak final Copa del Rey, 25 Mei 2019. Alba menyebut gelar Liga Spanyol yang sudah di depan mata memotivasi tim untuk menyapu bersih gelar musim ini.

Namun dia mewanti-wanti bahwa perjuangan tim belum usai. “Kami harus terus bekerja keras hingga akhir musim, menghormati lawan di depan kami dan tetap berdedikasi,” ujar dia.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menegaskan Barcelona belum meraih apapun meski kini unggul sembilan poin atas Atletico. Sang pelatih menyebut jalan timnya masih berat. “Saya tahu orang sudah mengatakan kami adalah juara, tetapi tidak. Kami harus melalui pertandingan demi pertandingan untuk menang hingga akhir. Ini belum berakhir,” ujar Valverde.