Alaves Vs Barcelona: Blaugrana Menuju Gelar Juara

Barcelona (Reuters/Albert Gea)
23 April 2019 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, VITORIA GASTEIZ - Hanya ada dua tim di Eropa yang masih berpeluang meraih treble winner musim ini. Tim tersebut yakni Barcelona dan Ajax Amsterdam. Barca dan Ajax sama-sama lolos ke semifinal Liga Champios. Dua klub ini juga memimpin klasemen sementara di liga domestik plus lolos ke final piala (cup) di negara mereka masing-masing.

Barca dan Ajax berpengalaman meraih treble winner. Ajax mengukirnya pada 1971/1972. Barca bahkan dua kali merasakan treble winner masing-masing pada 2008/2009 dan 2014/2015. Namun, dua tim ini menyadari tidak mudah mengulang sejarah itu. Karena perlu konsistensi serta konsentrasi tinggi untuk menuntaskan musim dengan tiga gelar bergengsi sekaligus.

Barca pun ingin mewujudkan treble winner itu secepatnya. Satu dari tiga trofi yang berpeluang diperoleh tim berjuluk Blaugrana ini bisa disegel pekan ini. Yaitu trofi Liga Spanyol. Raksasa Catalan bakal mengunci puncak klasemen sementara medio pekan ini apabila menundukkan Alaves di Estadio de Mendizorroza, Vitoria-Gasteiz, Rabu (24/4/2019) pukul 02.30 WIB, sementara rival terdekat mereka, Atletico Madrid, harus kalah di markas Valencia, sehari kemudian.

Jika skenario itu tak berjalan mulus, Barca masih bisa mengunci titel Liga Spanyol akhir pekan ini. Syaratnya Lionel Messi dkk. harus menang melawan Levante, Minggu (28/4/2019) dini hari WIB. Bahkan, Barca tak perlu repot-repot memastikan gelar dengan menaklukkan Levante apabila beberapa jam sebelumnya Atletico keok di kandang Real Valladolid. Karena jika kedua tim mengantongi poin sama, Barca dipastikan juara lantaran unggul head-to-head.

"Saya tidak suka ekspresi bahwa kami hanya perlu sedikit kemenangan untuk menjuarai Liga Primera, laga-laga musim ini belum tuntas, Anda sangat menderita untuk meraih menang. Agar bisa menang, itu sesuatu yang rumit dari yang dibayangkan orang," ujar Pelatih Barca, Ernesto Valverde, seperti dilansir football-espana.net, Senin (22/4/2019).

Barca lebih baik mengunci titel Liga Spanyol tersebut pekan ini. Sebab tengah pekan depan, pasukan Valverde sudah harus berjumpa dengan Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions. Apabila bisa memastikan gelar Liga Spanyol secepatnya, Luis Suarez dkk. bakal lebih tenang ketika menghadapi tim asal Merseyside.

Meski begitu, Valverde tidak boleh bertindak gegabah dengan meminta anak buahnya bertempur mati-matian yang mengancam fisik mereka di Mendizorroza. Karena dia membutuhkan amunisi yang bugar saat melawan Liverpool. Wajar apabila Valverde bakal melakukan sedikit rotasi saat melawan Alaves.

Seperti dilansir sport.es, Valverde bisa saja mengistirahatkan Messi, Suarez, gelandang Ivan Rakitic, hingga bek Jordi Alba. Keempat pemain ini nyaris tak tersentuh di posisi masing-masing. Valverde harus jeli menentukan pengganti pemain inti yang bakal diistirahatkan.